Cirebon Sangat Tergantung kepada Desa di Lereng Gunung Ciremai Ini, Padahal Jaraknya Sekitar 18 Km

Cirebon Sangat Tergantung kepada Desa di Lereng Gunung Ciremai Ini, Padahal Jaraknya Sekitar 18 Km

Mata air Cipaniis di Desa Paniis, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan menjadi sumber air bersih untuk wilayah Cirebon. -Carsadi Adit/ist-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Masyarakat Kota Cirebon, pada umumnya sangat tergantung kepada desa di lereng Gunung Ciremai ini.

Walau jaraknya sekitar 18 km, namun desa ini menjadi sumber penghidupan bagi sebagian besar masayarakat Kota Cirebon. Bahkan sebagain warga Kabupaten Cirebon.

Cirebon sangat tergantung dengan desa ini  dalam hal penyediaan air bersih. Sudah sejak lama, desa ini memang menjadi sumber mata air bersih yang dialirkan ke Cirebon.

Sejak zaman Belanda dibangun jaringan pipa menuju Cirebon. Sekarang mata air di desa ini dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Giri Nata Kota Cirebon. Sebagian Kabupaten Cirebon pun dilayani oleh PDAM ini.

BACA JUGA:Dugaan Penganiayaan di Ponpes, Polres Kuningan Sudah Amankan 7 Orang yang Diduga Terlibat

Air dari desa ini bukan hanya dialirkan melalui PDAM Gori Nata. Air yang melimpah tersebut juga dimanfaatkan oleh para petani di sekitarnya. Mereka bisa bercocok tanam sepanjang tahun tanpa henti.

Nama desa yang dimaksud adalah Paniis. Salah satu desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Masyarakat Desa Paniis, hidup dan bekerja sehari-hari menekuni bidang pertanian. Desa ini memiliki luas wilayah 351.154 hektar. Terdiri dari pemukiman, persawahan, hutan dan perkebunan.

Dari tahun ke tahun desa ini terus berkembang. Selain sebagai sumber mata air, desa ini juga terkenal dengan pariwisatanya. Sekarang Paniis merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:CATAT, Tunggakan TPP ASN Segera Dilunasi Akhir Tahun, Begini Pernyataan Sekda Kuningan

Peningkatan juga dalam hal pelayanan. Baik pelayan umum, pelayanan kesehatan, dan pelayanan pendidikan. Juga peningkatan dalam pembangunan sarana dan prasarana.

Perkembangan tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan gotong royong pemerintahan desa dan masyarakat. Juga bantuan pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Dilihat dari letak geografis, Desa Paniis berada di kaki Gunung Ciremai. Letaknya sebelum Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Desa Paniis memiliki panorama alam yang sejuk serta pemandangan yang indah. Desa ini berasa di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: