Ke Palutungan Kian Dekat, Lewat Jalan Baru Cipari - Cisantana, Sambil Lihat Gagahnya Gunung Ciremai

Ke Palutungan Kian Dekat, Lewat Jalan Baru Cipari - Cisantana, Sambil Lihat Gagahnya Gunung Ciremai

Jalan baru Cipari - Cisantana kini sudah bisa dilewati pengendara. -Dok-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ungkapan banyak jalan menuju objek wisata Palutungan di Kuningan ini, memang tidak salah.

Sekarang ada lagi jalan baru menuju tempat wisata Palutungan yang berada di lereng Gunung Ciremai itu.

Jika dulu hanya ada 2 jalan untuk menuju beberapa obyek wisata di Palutungan. Yakni via Cigugur dan Desa Puncak. Sekarang ada yang lewat jalan baru Cipari - Cisantana.

Banyak keunggulan jalan baru Cipari - Cisantana. Jaraknya lebih dekat ke Palutungan dibanding dengan melalui Desa Puncak atau jalur Cigugur.

BACA JUGA:Rencana Jalan Tol Kuningan, Dikhawatirkan Aktivis Lingkungan, Berpeluang Rusak Lereng Gunung Ciremai

Jalan Cipari - Cisantana itu hanya sekitar 2 km. Sehingga waktu tempuh menuju beberapa tempat wisata Palutungan, lebih cepat.

Keunggulan lainya melalui jalan baru itu adalah bisa leluasa menikmati pemandangan alam sekitarnya. Termasuk bisa menyaksikan gagahnya Gunung Ciremai dari tengah jalan baru.

Selain itu juga bisa menyaksikan tanaman bawang dan sayur-sayuran yang ditanam warga setempat. Sejak lama, Desa Cisantana terkenal sebagai penghasil sayur mayur di Kabupaten Kuningan

Sementara jika di Cipari - Cisantana tersebut terkenal sebagai kawasan peternakkan sapi penghasil susu. Maka di Cipari banyak dipasarkan susu sapi dan produk olahan dari susu.

BACA JUGA:Anies Baswedan Pulang Kampung ke Kuningan: Insya Allah di Jawa Barat Kita akan Menang Besar

Pemandangan sekitar masih leluasa dilihat dari jalan baru tersebut, karena tidak ada penghalang yang berarti. Hanya ada penghalang alam berupa tanah berkontur lebih tinggi.

Sisanya masih tanah kosong di kanan-kiri jalan. Belum ada banyak bangunan rumah atau cafe di sepanjang jalan baru itu. Hanya tampak ada 1 kafe atau rumah makan di jalan tersebut. 

Minggu, 10 Desember 2023, jalan tersebut sudah tampak mulus dan halus. Sepertinya jalan tersebut sudah selesai 100 persen.

Hari Minggu lalu, ketika pagi hari menjelang peresmian, masih tampak banyak gundukan batu di beberapa tempat di jalan tersebut. Bahkan ada 2 gundukan batu yang menutup total jalan selebar 7 meter tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: