5 Kecamatan Ini Jadi Penghasil Durian Terbesar di Kabupaten Kuningan, Jalaksana Atau Pasawahan Juaranya?

5 Kecamatan Ini Jadi Penghasil Durian Terbesar di Kabupaten Kuningan, Jalaksana Atau Pasawahan Juaranya?

Daftar kecamatan penghasil durian di Kabupaten Kuningan. -Humas Setda Kuningan-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Di Jawa Barat, bukan hanya Majalengka yang terkenal sebagai lumbung durian. Ternyata Kuningan juga termasuk penghasil buah-buahan yang sering disebut kadu ini.

Di Kuningan, banyak kecamatan yang terkenal sebagai penghasil durian. Setidaknya ada 5 kecamatan, sebagai pemasok durian terbesar di kabupaten di lereng Gunung Ciremai tersebut.

Ternyata dari 5 kecamatan sebagai penghasil durian terbesar di Kuningan, tidak termasuk Kadugede. Padahal kecamatan tersebut jika diartikan sebagai durian besar.

Di kecamatan ini, juga ada tugu dengan lambang durian yang sangat besar. Orang pun  tahu jika melintasi jalan raya Kuningan-Ciamis ada tugu durian besar, berarti itu sudah berada di Kadugede.

BACA JUGA:'Durian Sumarna' Ada Lebih dari 20 Varian, Ditanam di Lereng Gunung Ciremai, Lezatnya Tak Ada Duanya

Pada akhir 2022, ribuan kuintal durian dihasilkan dari Kabupeten Kuningan. Produksinya mencapai sekitar 15.376 kuintal.

Hanya saja, produksi durian dari tahun ke tahun dari kabupaten ini terus mengalami penurunan. Setidaknya apabila dibandingkan dengan angka tahun 2021.

Dalam buku Kabupaten Dalam Angka 2023 disebutkan, pada tahun 2021, daerah ini bisa menghasilkan durian sebanyak 45.094 kuintal.

Dibandingkan tahun 2021, penurunan pada tahun 2022 sangat besar. Bahkan tahun 2022 hanya menghasilkan sepertiganya tahun 2021. Atau pada tahun 2022 turun sekitar 29.718 kuintal.

BACA JUGA:Desa Miliki Telaga Biru Ini, Gunakan Kata ‘Kadu’, Ternyata Tak Ada Kaitannya dengan Durian

Pada tahun 2021, Kecamatan Pasawahan menjadi jawara penghasil durian di Kabupaten Kuningan. Namun untuk tahun 2022, dominasi Kecamatan Pasawahan sudah diambil alih kecamatan lain.

Padahal hasil durian dari Kecamatan Pasawahan pada tahun 2021, nyaris setengahnya sendiri produksi durian Kabupaten Kuningan. Pada tahun 2021, kecamatan tersebut bisa menghasilkan 21.966 kuintal durian.

Penurunan produksi durian di Kecamatan Pasawahan pada tahun 2022, juga menjadi penyumbang tertinggi penurunan buah-buah  berduri ini di Kabupaten Kuningan.

Yang menarik, penyebaran produksi durian di kabupaten ini merata, baik di timur maupun barat. Dari 5 besar kecamatan sebagai produksen durian, 3 berasal dari Kuningan Timur dan 2 dari Kuningan Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: