'Durian Sumarna' Ada Lebih dari 20 Varian, Ditanam di Lereng Gunung Ciremai, Lezatnya Tak Ada Duanya

'Durian Sumarna' Ada Lebih dari 20 Varian, Ditanam di Lereng Gunung Ciremai, Lezatnya Tak Ada Duanya

Durian Sumarna yang dibudidayakan di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. -Dokumentasi-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ternyata untuk mecari berbagai jenis buah durian kualitas impor, tak perlu jauh-jauh. Di sebuah tempat di lereng Gunung Ciremai Jawa Barat juga ada. Rasanya tak kalah dengan durian Malaysia.

Namanya “Durian Sumarna”. Lebih dari 20 jenis atau varian dari durian ini. Setiap varian memiliki sensasi rasa masing-masing. Lezatnya durian-durian tersebut tak ketulungan. 

Mengapa disebut “Durian Sumarna”? Karena berbagai jenis durian ini ditanam oleh sosok berna Nang Sumarna. Sosok yang sangat mencintai durian.

Buah tersebut ditanam di kebun miliknya. kebun durian tersebut luasnya sekitar 1 hektar. Berlokasi di sisi barat Gunung Ciremai. Tepatnya di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

BACA JUGA:Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan, Lebih Landai Tapi Tanjakan Asoynya Mantap!

Lokasi kebun milik Nang Sumarna ini berada di Blok Porang. Dekat dengan Curug Tonjong. Sekitar 100 meter dari jalan menanjak menuju petilasan Prabu Siliwangi di Desa Pajajar.

Untuk menjangkau kebun ini bisa dengan kendaraan roda 4. Hanya saja jalan tersebut sempit. Namun dilalui 1 mobil masih bisa leluasa. 

Blok tersebut biasa-biasa saja. Bahkan hanya jurang dan ada beberapa rumah yang ada di sana. Yang istimewa, tentu kebun di jurang itu. Sebagian besar ditanami durian berbagai macam jenis.

Sebenarnya ke tempat itu sebagain hanya ingin membeli madu hutan yang dijual Nang Sumarna. Sosok ini memang dikenal sebagai pawang dan pemburu madu odeng. Urusan lebah madu, seantero Rajagaluh pasti kenal sosok ini.

BACA JUGA:10 Pos yang Dilalui Saat Mendaki Gunung Ciremai via Jalur Pendakian Linggarjati, Ada Tanjakan Paling Ekstrem

Tapi yang kaget bukan urusan madu, melainkan  5 buah durian jatuhan yang ada di tempat itu. Ternyata, durian-durian itu hasil dari kebun milik Sumarna.

Awalnya 1 buah durian dibuka. Baru beberapa saat habis. Kemudian membuka durian yang jenis lain, juga langsung habis. Satu buah lagi durian pun, lenyap seketika. Ketiganya ternyata “durian jatuhan”. Begitu lezat rasanya.

Seandainya yang 2 buah lagi sudah matang, kemungkinan juga habis di tempat itu. Untung yang 2 buah, masih menunggu 2 hari lagi sehingga selamat dan bisa dibawa pulang.

Menurut Nang Sumarna, 3 buah durian yang disantap tersebut, 1  jenis durian D24 Matahari dan 1 buah durian Cane. Keduanya jenis durian asal Malaysia, tapi ditanam, tumbuh, besar di kebun miliknya tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: