Surat Kabar Kaoem Moeda Jadi Rujukan Berdirinya Persib Bandung, Pernah Dipimpin Abdoel Moeis

Surat Kabar Kaoem Moeda Jadi Rujukan Berdirinya Persib Bandung, Pernah Dipimpin Abdoel Moeis

Surat Kabar Kaoem Moeda yang pernah terbit di Bandung. -Istimewa/Perpusnas RI-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Beberapa hari ini sedang ramai pembahasan tentang Surat Kabar Kaoem Moeda. Media yang terbit harian ini dibicarakan karena berkaitan dengan klub Persib Bandung.

Media berbahasa Indonesia yang terbit di masa penjajahan Belanda ini menjadi pembicaraan lantaran dijadikan dasar berdirinya klub yang berjuluk Maung Bandung.

Dari salah satu berita di media lokal yang terbit di Bandung ketika itu, memuat pendirian klub sepak bola. Klub ini merupakan cikal bakal berdirinya klub berjuluk Pangeran Biru ini.

Dari media inilah akhirnya diketahui jika Persib Bandung ini lahir pada 5 Januari 1919. Dasarnya adalah berita di koran “Kaoem Moeda” yang terbit pada 7 Januari 1919.

BACA JUGA:Persib Belum Pernah Menang Lawan Bali United, Bobotoh: Ulah Keok Samemeh Dipacok

Dalam salah satu beritanya menyebutkan tentang pembentukan Bandoengsch Inlandsch Voetbal Bond. Atau jika diartikan sebagai Perserikatan Sepakbola Bumiputra Bandung. 

Pembentukan tim tersebut dilakukan pada tanggal 5 Januari 1919. Di media yang sama, pada tanggal 30 Desember 1918 juga ada berita akan diadakannya pembentukan Bandoengsch Inlandsch Voetbal Bond, pada 5 Januari 1919.

Di media tersebut bukan hanya memberitakan tentang rencana pembentukan klub sepak bola di Kota Bandung, tetapi juga akan digelar beberapa pertandingan. 

Sepertinya pertandingan-pertandingan tersebut merupakan rangkaian pembentukan klub sepak bola Bumiputra Bandung. Yang akhirnya disepakati sebagai hari jadi Persib.

BACA JUGA:Hari Jadi Persib Bandung Berubah, Usia Lebih Tua 14 Tahun, Perdana akan Diperingati 5 Januari 2024

Padahal, selama ini diketahui jika hari lahir Persbib Bandung itu pada tanggal 14 Maret 1933. Maka dalam logo tim tersebut selalu mencantumkan 1933, sebagai tahun kelahiran. 

Surat kabar yang sekarang tinggal kenangan tersebut, tentu sangat berjasa terhadap kesebelasan kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini. Betapa tidak? Dengan dasar berita di media ini, akhirhya diketahui hari lahir Persib yang sesungguhnya.

Lalu seperti apa profil dari surat kabar “Kaoem Moeda” ini?  Surat kabar ini terbit pertama kali pada tahun 1912. Surat kabar tersebut terbit di masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda. 

Kaoem Moeda berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat. Surat kabar ini terbit harian. Hanya pada hari libur, media ini juga ikut libur alias tidak terbit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: