5 Tips Merawat Tanaman Janda Bolong Saat Musim Hujan Agar Tanaman Tumbuh Subur dan Tidak Mati

5 Tips Merawat Tanaman Janda Bolong Saat Musim Hujan Agar Tanaman Tumbuh Subur dan Tidak Mati

5 Tips Merawat Tanaman Janda Bolong Saat Musim Hujan Agar Tanaman Tumbuh Subur dan Tidak Mati-Brilionet.com-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Janda bolong merupakan tanaman hias yang banyak digemari para pecinta tanaman sebagai hiasan di dalam ruangan, namun tak sedikit pula diletakkan di luar ruangan.

Musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemilik tanaman. Air hujan sejatinya baik untuk pertumbuhan tanaman, namun juga bisa merusak jika terus-terusan terkena Air hujan.

Bagi anda yang memelihara tanaman janda bolong di luar ruangan saat musim hujan, ada perlu memerhatikan dan merawat tanaman janda bolong agar tetap tumbuh dengan sehat dan subur.

Air hujan merupakan irigasi alami yang baik bagi tanaman karena mengandung banyak oksigen dan tidak menyimpan banyak bahan kimia seperti yang ditemukan pada air ledeng.

Meski musim hujan adalah waktu terbaik untuk tanaman tumbuh, namun curah hujan yang lebat diiringi dengan angin kencang juga bisa dapat merusak tanaman janda bolong.

Karena itulah merawat tanaman janda bolong di luar ruangan saat musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta tanaman. 

Berikut ini beberapa cara merawat tanaman saat musim hujan agar tetap tumbuh subur, serta tidak layu dan mati.

1. Pindahkan Pot

Anda perlu memindahkan pot ke temmpat di mana tanaman janda bolong mendapatkan air yang cukup, tetapi tidak berlebihan.

 Memindahklan pot ke tempat yang lebih aman adalah langkah pertama yang perlu dilakukan terutama saat musim hujan. Hal ini sangat penting utuk menghindari terjadinya erosi pada tanah.

2. Kurangi Frekuensi Penyiraman 

Curah hujan yang tinggi membuat debit air yang diberikan pada tanaman di luar ruangan menjadi lebih banyak dari biasanya. Air hujan juga dapat menyebabkan hilangnya nutrisi tanah karena terhanyut dari tanah.

Maka dari itu, sebelum menyiram tanaman janda bolong, pastikan untuk memeriksa kondisi tanahnya. Lakukan penyiraman hanya ketika daun dan tanah mulai mengering.

Hal ini karena penyiraman yang berlebihan juga bisa menyebabkan tanaman cepat mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: