3 Cara Menghilangkan Virus Kucing di Rumah Agar Cepat Sembuh dan Tidak Menyebar

3 Cara Menghilangkan Virus Kucing di Rumah Agar Cepat Sembuh dan Tidak Menyebar

Cara menghilangkan virus kucing di rumah-Radarkuningan.com-Painters

RADARKUNINGAN.COM - Cara menghilangkan virus kucing di rumah ternyata bisa anda lakukan dengan beberapa cara saja loh.

Kucing berkembang biak begitu cepat, sehingga populasi kucing semakin banyak.

Untuk itu tidak jarang jika di sekitar kita sering sekali melihat kucing berkeliaran.

Bahkan banyak sekali kucing yang keluar masuk rumah, hingga menganggapnya sebagai hewan peliharaan sendiri.

BACA JUGA:Ini 7 Hama Tanaman Janda Bolong yang Wajib Diusir!

Namun kucing yang memiliki dunia begitu bebas ternyata memiliki penyakit virus yang mematikan dan mudah menular yang biasa disebut panleukopenia kucing.

Virus ini bisa menjadi alasan kucing mati. Kucing yang sudah terinfeksi feline panleukopenia bisa mengeluarkan virus tersebut melalui urin, feses, dan cairan hidungnya. 

Penyakit tersebut bisa menyebar ketika kucing yang rentan bersentuhan dengan sekresi tersebut atau terkena kutu dari kucing yang terinfeksi.

Kucing yang terinfeksi cenderung menularkan virus dalam waktu yang singkat (1-2 hari). Namun, virus bisa bertahan hingga satu tahun di lingkungan sekitar.

BACA JUGA:Diambang Kepunahan! Inilah 7 Jenis Kucing Asli Indonesia yang Perlu Dilestarikan

Cara Menghilangkan Virus Kucing di Rumah

Berikut ini cara menghilangkan virus kucing di rumah:

1. Jaga Kebersihan

Sanitasi adalah kunci dalam menjaga kesehatan hewan. Guna mencegah virus panleukopenia, kamu perlu membersihkan kandang kucing secara menyeluruh sebelum memberikan disinfektan. 

Pembersih dan disinfektan tidak sama. Tanpa produk pembersih dan disinfektan yang tepat, penyakit bisa dengan mudah menyebar. 

Virus panleukopenia termasuk virus yang ‘bandel’ karena virus tersebut susah dihilangkan dan resisten terhadap beberapa disinfektan yang umum digunakan. 

BACA JUGA:Anak Kucing Buta dan Tuli? Berikut 4 Fakta Unik Anak Kucing atau Kitten yang Jarang diketahui!

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui disinfektan apa yang efektif dan cara menggunakannya.

2. Vaksinasi

Vaksinasi adalah cara paling efektif untuk mencegah panleukopenia kucing. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk memberikan vaksin feline panleukopenia virus (FPV) pada kucing peliharaan kamu sejak ia berusia 6-8 minggu.

Berikan vaksin lanjutan dalam selang waktu 2-4 minggu dan booster vaksin tiap setahun sekali. Bila kamu mengadopsi kucing saat ia sudah dewasa, vaksinasi sekali setelah mengadopsinya dan sekali lagi dalam 2-4 minggu.

Vaksin bisa bekerja dengan cepat dan bisa memberikan kekebalan dalam beberapa jam sampai hari. Cara ini bisa menyelamatkan banyak nyawa kucing di lingkungan di mana paparan penyakit menular biasa terjadi.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Merek Makanan Kucing yang Bagus Untuk Menyehatkan Bulu, Tumbuh Lebat dan Tidak Rontok

3. Menjaga Higienitas

Karena kucing  dapat bertahan lama di lingkungan, maka wajib untuk selalu menjaga higiene. Jangan lupa untuk mencuci wadah pakan dan minum, serta membersihkan litter box secara rutin.

pemilik kucing juga dapat berkontribusi sebagai agen penularan lewat berbagai barang yang dikenakan, seperti sepatu dan baju, karena virus ini ada di mana saja. Oleh sebab itu, rajinlah membersihkan barang-barang tersebut dan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah kontak dengan kucing kesayangan.

Demikian informasi tentang '3 Cara Menghilangkan Virus Kucing di Rumah Agar Cepat Sembuh dan Tidak Menyebar'semoga bermanfaat.

BACA JUGA:Waktunya Berpisah? Ini 5 Tanda Kucing Peliharaan Sedang Sekarat, yang Harus Diwaspadai!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: