Waspada! Inilah Macam-Macam Penyakit Kucing Kampung Yang Berbahaya Bagi Manusia, Ternyata Bisa Menular!

Waspada! Inilah Macam-Macam Penyakit Kucing Kampung Yang Berbahaya Bagi Manusia, Ternyata Bisa Menular!

macam-macam penyakit kucing kampung-istimewa-radarkuningan.com

Kutu dari kucing dapat berpindah kepada manusia. Tungau Sarcoptes scabiei sering ditemukan pada hewan peliharaan dan ditularkan ke manusia melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi. 

Infeksi kutu dapat menyebabkan gatal dan iritasi hebat akibat gejala hipersensitivitas. Penyakit ini dapat berlangsung lama jika dialami oleh orang dengan kondisi kekebalan tubuh yang rendah. 

3.Toxoplasmosis

Toksoplasmosis adalah kondisi yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. 

Kondisi ini dapat terjadi saat Anda tidak berhati-hati saat membersihkan kotoran kucing. Sebab, parasit ini dapat masuk ke dalam tubuh dan menjadi sumber infeksi.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, lebih dari 60 juta orang di Amerika Serikat terinfeksi parasit tersebut. Kebanyakan orang yang menderita toksoplasmosis tidak memiliki gejala. 

Meski tak memiliki gejala, namun infeksi parasit ini akan sangat membahayakan janin dan wanita hamil.

BACA JUGA:Membahayakan Ibu Hamil! Hindari Penyakit Kucing Berasal Dari Bulu Rontok Yang Berakibat Fatal!

4.Cacing Pita

Kucing dapat terjangkit cacing pita yang telah mengontaminasi kutu. Penyakit dari kucing ini kemudian bisa menular ke manusia.

Anak-anak dapat tertular cacing pita karena menelan kutu yang terinfeksi larva cacing pita. Biasanya, infeksi cacing pita tidak menimbulkan gejala. 

Tapi beberapa gejala dapat muncul, seperti mual, sakit perut, lemas, kehilangan nafsu makan, diare, berat badan turun, hingga gangguan penyerapan nutrisi. 

Sebagai catatan, sebagian besar infeksi cacing pita pada manusia muncul dari konsumsi daging yang telah terkontaminasi. 

5.Cat Scratch Fever 

Penyakit ini disebabkan oleh kucing yang terinfeksi bakteri Bartonella Henselae. Anda dapat terinfeksi penyakit ini dari gigitan atau cakaran kucing yang terinfeksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: