Yuk Peka, Ini Dia Tanda-Tanda Kucing Sedang Sakit, Apakah Kucingmu Sedang Mengalaminya?

Yuk Peka, Ini Dia Tanda-Tanda Kucing Sedang Sakit, Apakah Kucingmu Sedang Mengalaminya?

tanda tanda kucing sedang sakit-unsplash-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kucing adalah hewan peliharaan yang ternyata bisa dengan mudah terserang penyakit lho apabila ia sedang tidak dalam kondisi yang fit atau prima.

Tentunya apabila kucing sakit kita sebagai pemilik kucing pasti merasa kasihan dan juga binggung mengapa kucing peliharaan kita bisa sakit.

Ternyata ada tanda-tanda kucing sedang sakit yang biasanya di keluarkan oleh sang kucing.

Tanda-tanda ini seringkali tidak di ketahui pemilik dan menggangap bahwa kucing sehat-sehat saja hanya perlu memberinya makanan kucing.

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Membuat Kucing Senang dengan Kita, Para Pemilik Anabul Wajib Baca!

Namun hal itu ternyata salah loh, sebaiknya kita sebagai pemilik mengetahui tanda-tanda kucing kita sedang sakit sebelum kondisinya makin parah.

Berikut Tanda-Tanda Kucing Sedang Sakit

1.Banyak diam dan menyendiri
 
Jika kucing Anda mengalami kondisi seperti ini, Anda harus mencoba mengajaknya untuk melakukan aktivitas demi melihat respons si anabul (anak bulu).

Apabila ia tampak kurang responsif terhadap perilaku yang Anda berikan, waspadalah terhadap adanya gangguan pada kesehatan kucing Anda.

2.Pola makan yang berubah

Jika kucing kamu menunjukkan perubahan nafsu makan, baik bertambah ataupun berkurang, itu bisa menjadi salah satu tanda mungkin ia mengalami masalah pada sistem pencernaannya.

Peningkatan nafsu makan pada kucing dapat disebabkan oleh parasit usus, hipertiroidisme, diabetes, atau penyakit pencernaan yang menyebabkan penyerapan nutrisi buruk.

Sementara, nafsu makan berkurang mungkin disebabkan karena kucing merasa mual, demam, mengalami penyakit pencernaan, atau nyeri di mulut.

BACA JUGA:Lezat dan Bergizi Tinggi! Ini Dia 3 Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri di Rumah Berbahan Dasar Ikan dan Ayam

3.Sering muntah

Tergolong normal apabila kucing Anda sesekali muntah untuk mengeluarkan bulu atau benda asing yang menyangkut di tenggorokannya. Namun, muntah yang terlalu sering dapat menjadi ciri-ciri kucing sakit yang perlu Anda waspadai.

Selain dari frekuensinya, warna pada muntah kucing  juga dapat menunjukkan gangguan yang dialaminya.

4.Sering mengeluarkan suara meongannya

Mengeong adalah salah satu cara kucing berkomunikasi. Mengeong dapat diartikan banyak hal, bisa jadi lapar, marah, mencari perhatian, atau memberitahu sesuatu.

Kalau kucing yang tadinya jarang bersuara kemudian lebih sering mengeong dari biasanya, itu mungkin ia sedang mencoba memberitahu kamu kalau ia merasa tidak nyaman atau mengalami tekanan fisik maupun emosional.

Biasanya, kucing mengeong lebih sering saat lapar atau kesakitan. Seiring bertambahnya usia, beberapa kucing bisa mengalami disfungsi kognitif atau kepikunan, yang juga dapat mengubah frekuensi bersuara.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Penyebab Kucing Mogok Makan, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Yang Serius Lho!

5.Susah atau sulit buang air

Segera cari pertolongan medis jika kucing kamu tiba-tiba tidak bisa buang air kecil, terutama kucing jantan. Ia mungkin mengalami penyumbatan di saluran kemih bagian bawah dan harus segera ditangani.

Untuk mengetahui apakah kucing sulit buang air kecil, kamu dapat memperhatikan kotak pasir untuk buang air kecil dan BAB. Jika pasir terus-menerus kering, maka itu bisa menjadi tanda kucing sakit dan kesulitan BAK.

Kebiasaan BAK kucing yang berubah juga mesti diwaspadai, misalnya tidak BAK di tempatnya. Hal ini mungkin menandakan ia mengalami penyakit yang membuatnya sulit masuk atau keluar dari kotak pasir.

Demikian artikel mengenai tanda-tanda kucing sedang sakit, semoga artikel ini dapat membantu anda menambah wawasan seputar kucing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: