Selain Berenang Bersama Ikan Dewa, Ada Mitos Kepiting Emas di Sumur Cirancana Objek Wisata Cibulan

Selain Berenang Bersama Ikan Dewa, Ada Mitos Kepiting Emas di Sumur Cirancana Objek Wisata Cibulan

Ikan dewa di Objek Wisata Cibulan, Kabupaten Kuningan.-Tangkapan layar Youtube - Andrea Ramadhan-radarkuningan.com

RADARKUNIGAN.COM - Bila berkunjung ke Objek Wisata Cibulan, ada 2 tempat terfavorit. Keduanya paling banyak dikunjungi wisatawan.

Ke-2 tempat itu adalah, pertama di 2 kolam besar yang berisi Ikan Dewa. Di kolam ini pengunjung bisa leluasa berenang bersama banyak Ikan Dewa.

Kedua, di Sumur Tujuh yang dikeramatkan. Dari ke-7 sumur tersebut, ada salah satu sumur yang paling banyak dikunjungi. Yakni Sumur Cirancana.

Selain ada mata air yang mengalir deras, di Sumur Cirancana diyakini ada kepiting emas. Walau hanya sekadar mitos, namun warga setempat yakin adanya kepiting emas tersebut.

BACA JUGA:Prediksi Pertandingan Aston Villa vs Manchester United, Setan Merah Menuju Pembuktian Diri

Seperti diketahui, Cibulan adalah objek wisata yang berada di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Loksinya tak jauh dari jalan raya Cirebon - Kuningan.

Yang menarik, ternyata Cibulan merupakan objek wisata tertua di kabupaten yang letaknya di kaki Gunung Ciremai ini. Obyek wisata ini sudah dibuka untuk umum, sejak sebelum Indonesia merdeka.

Objek wisata terfavorit di kabupaten yang berjuluk Kota Kuda ini sudah diresmikan sejak 27 Agustus 1939. Yang meresmikan adalah RAA Mohamand Achmad, Bupati Kuningan saat itu.

Di dalam objek wisata ini, terdapat 2 kolam besar yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35x15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter.

BACA JUGA:3 Alasan Kucing Takut dengan Timun, Bisa Sampai Melompat Ketakutan Dikira Ada Ular? Simak Penjelasan Berikut

Sedangkan, kolam kedua berukuran 45x15 meter perseg. Dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua berkedalaman 120 sentimeter.

Di ke-2 kolam tersebut terdapat banyak Ikan Dewa. Ikan ini, menurut cerita masyarakat Desa Maniskidul, konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

Para prajurit pembangkang itu, kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan. Karena itu, oleh masyarakat setempat, ikan-ikan itu sangat disakralkan.

Selain itu, Ikan Dewa yang ada di 2 kolam Obyek Wisata Cibulan tersebut sangat unik. Warga setempat yakin, ikan-ikan itu dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: