Selain Berenang Bersama Ikan Dewa, Ada Mitos Kepiting Emas di Sumur Cirancana Objek Wisata Cibulan

Selain Berenang Bersama Ikan Dewa, Ada Mitos Kepiting Emas di Sumur Cirancana Objek Wisata Cibulan

Ikan dewa di Objek Wisata Cibulan, Kabupaten Kuningan.-Tangkapan layar Youtube - Andrea Ramadhan-radarkuningan.com

BACA JUGA:Ada Sejak 1912, Begini Cerita dari Situs Van Beck, Bangunan Kuno di Pinggir Jalan Raya Cigugur Kuningan

Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu, sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan di 2 kolam ini. Ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.

Selain kolam dengan ikan dewanya yang jinak, di sudut barat Cibulan, ada pemandian yang juga disakralkan. Di pemandian tersebut terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan, bernama Tujuh Sumur. 

Tujuh mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri. Ada Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Yang menarik dari cerita masayarakat setempat, di salah satu dari ke-7 sumur itu, konon ada salah satu sumur yang berisikan Kepiting Emas. Binatang yang dianggap ghaib tersebut berada di Sumur Cirancana.

BACA JUGA:Asal Usul Cigugur, Kisah Pertapa Sakti Meminta Tolong kepada Sunan Gunung Jati karena Sulit Menemui Ajal

Objek wisata Cibulan di Desa Maniskidul ini, sangat gampang dijangkau. Hanya sekitar 7 km dari pusat Kota Kuningan. Bila dari Kota Cirebon hanya berjarak 25 km.

Karena itu, akses menujuju obyek wisata Cibulan bisa menggunakan 2 jalur. Bisa memlalui Kuningan dan Cirebon, sebab tempat wisata ini berada di jalan Kuningan - Cirebon.

Jika jalur pertama, melalui Terminal Kuningan bisa menggunakan angkutan kota jurusan Terminal Cirendang – Cimulus. Kemudian berhenti di jalan menuju lokasi Cibulan.

Sementara jika jalur kedua bisa melalui Cirebon dengan angkutan umum menuju lokasi. Banyak angkutan umum di jalur ini.

BACA JUGA:Asal Usul Desa Cantilan Kuningan dan Musyawarah para Petinggi Kesultanan dari Cirebon di Tengah Pengembaraan

Ayo ke Kuningan! Jangan lupa melihat banyak Ikan Dewa dan menikmati mitos Kepiting Emas di Obyek Wisata Cibulan. Obyek wisata terfavorit dan tertua di Kabupaten Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: