Ini Dia 5 Cara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam Hidroponik, Yuk Cobain di Rumah!

Ini Dia 5 Cara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam Hidroponik, Yuk Cobain di Rumah!

Ini Dia 5 Cara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam Hidroponik, Yuk Cobain di Rumah!-ist/Rise Hydroponics-radarkuningan.com

Cocopeat lebih baik daripada media sphagnum, yang hanya dapat menahan 41% air. 

Selain itu, cocopeat mampu mengikat dan menyimpan oksigen hingga 50%, lebih baik daripada tanah, yang hanya dapat menyimpan 2-3%. Namun, hindari air yang berlebihan karena dapat menyebabkan busuk akar. 

Dan berikut ini adalah 5 cara menggunakan cocopeat sebagai media tanam hidroponik.

BACA JUGA:Bikin Segar dan Bebas Bau, Inilah 5 Jenis Tanaman untuk Disimpan di Kamar Mandi, No.1 Paling Populer!

BACA JUGA:Wajib Punya di Rumah! 6 Macam Tanaman Penyerap Racun Asap Rokok, Bikin Udara Jadi Segar dan Sehat!

1. Cuci bersih

Mencuci media sebelum digunakan adalah saran pertama. Cucilah dengan air untuk menghilangkan bahan kimia yang ada di dalamnya. Dikhawatirkan akan menghambat pertumbuhan tanamannya jika tidak dicuci.

Anda pasti tidak ingin pertumbuhannya terhambat karena hal itu akan menghasilkan kerugian. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci cocopeat terlebih dahulu dengan air bersih.

2. Campur dengan sekam atau pasir

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cocopeat harus digunakan bersama dengan bahan lain untuk mencegah pembusukan akar karena daya serap airnya yang sangat tinggi. 

Karena daya ikat kedua material tersebut tidak begitu tinggi, Anda dapat mencampurnya dengan sekam atau pasir untuk mengurangi pembusukan akar. 

BACA JUGA:Apakah Kotoran Kucing Bisa Bikin Tanaman Mati? Lakukan 5 Hal Ini Jika Tanaman Terkena Urin atau Kotoran Kucing

BACA JUGA:Kenali 6 Penyebab Tanaman Rumput Gajah Mini Mati, Serta Cara Mengatasinya!

3. Perhatikan pemberian air

Selanjutnya, perhatikan untuk memberi air pada medianya secara bertahap. Metode drip atau aeroponik sangat disarankan untuk digunakan. 

4. Pemupukan

Apabila Anda ingin menggunakan serbuk sabut kelapa sebagai media, Anda disarankan untuk menggunakan pupuk dengan pelepasan yang lambat jika Anda hanya menerima air. 

5. Jangan gunakan wadah penopang tanaman

Media cocopeat dianggap tidak cocok jika Anda menggunakan pot net atau wadah penopang tanaman. Ini karena wadah tersebut membuat bahannya hanyut, termasuk nutrisinya. 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari metode hidroponik, Anda harus mengikuti petunjuk di atas saat menggunakan media cocopeat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: