Bakal Dibangun Kereta Canggih untuk Bandara Kertajati, Namanya ART, Cuma Ada di IKN dan Makassar

Bakal Dibangun Kereta Canggih untuk Bandara Kertajati, Namanya ART, Cuma Ada di IKN dan Makassar

Kereta canggih atau ART akan dibangun di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.-Budi Karya Sumadi/Ig-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan pembahasan mengenai pembangunan infrastruktur kereta canggih untuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan, infrastruktur kereta canggih tersebut adalah Autonomous Rail Transit (ART).

Infrastruktur ini hanya akan dibangun di beberapa tempat saja yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN), Makassar - Parepare, Kuala Tanjung dan di Bandara Kertajati.

Kehadiran infrastruktur ini, tentu diharapkan dapat meningkatkan keterhubungan ke BIJB Kertajati yang sementara ini baru ditunjang dengan transportasi shuttle, bus dan Jalan Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:6 Tanaman yang Dibenci Ular, Cocok Ditanam di Area Rumah untuk Mencegah Ular Masuk, Apa Saja?

Meski ada juga rencana untuk membangun rute kereta cepat yang diteruskan dari Bandung menuju ke BIJB Kertajati.

Terkait dengan rencana itu, Menhub Budi Karya Sumadi sudah berjumpa dengan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Budi Karya, pertemuan tersebut berlangsung dengan lancar. Kemudian mendapatkan beberapa masukan penting.

"Alhamdulillah pertemuan lancar dan kami mendapatkan masukan dari beliau," kata Budi Karya, dikutip radarkuningan.com, 5, Maret 2024.

BACA JUGA:Bocoran Nama Bandara Kertajati, Ada Nama Kerajaan hingga Pahlawan, Bandara Internasional Talaga Manggung?

Ditambahkan Budi Karya, sinergi dan kolaborasi tersebut memang diperlukan untuk terwujudkan pembangunan infrastruktur transportasi.

Di sisi lain, Menko Marinves, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa menhub telah membawa kemajuan di sektor transportasi.

"Saya kira kemenhub di bawah pimpinan Pak Budi Karya banyak memberikan terobosan untuk menghubungkan dan konektivitas di Indonesia. Saya kira itu mesti diteruskan," tandas Luhut, dikutip dari unggahan di media sosial Budi Karya Sumadi.

Luhut juga memberikan masukan untuk pengembangan Bandara Kertajati ke depannya. Termasuk infrastruktur pendukung dan transportasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: