Wisata Ikan Dewa di Kuningan, Rasakan Sejuknya Berenang dengan Mata Air Pegunungan dan Ikan Keramat

Wisata Ikan Dewa di Kuningan, Rasakan Sejuknya Berenang dengan Mata Air Pegunungan dan Ikan Keramat

Wisata ikan dewa di Kolam Renang Cibulan, Kabupaten Kuningan.-Andrea Ramadhan/ist-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Berenang bersama ikan dewa di kolam dengan mata air dari kaki Gunung Ciremai, tentu bakal menjadi aktivitas seru sebelum Ramadhan.

Anda bisa mengunjungi Objek Wisata Cibulan yang berlokasi di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Lokasinya Hanya berjarak 7 Km dari pusat Kota Kuningan. Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari mulai dari jam 08.00 – 18.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp22.000/orang dan sudah termasuk asuransi. 

Tempat ini sudah diresmikan bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 27 Agustus 1939 oleh R.A.A Mochamad Achmad.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Wisata Alam yang Indah di Cigugur Kuningan, Ada Curug Putri hingga Hutan Pinus yang Estetik

Ikan Dewa bisa disebut sebagai mitos ataupun legenda yang dipercaya oleh warga sekita, sehingga hingga saat ini tidak ada yang berani untuk mengambil ikan-ikan yang ada di sana.

Pantangan mengambil ikan tersebut tetap dilestarikan oleh warga sekitar, karena kabarnya jika siapapun yang mengambil ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.

Bagi masyarakat setempat, diyakini bahwa Ikan Dewa merupakan jelmaan dari para prajurit Prabu Siliwangi atau Raja kerajaan Pajajaran.

Mitos yang dipercaya tentang Ikan Dewa sebagai jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi berasal dari cerita warisan turun temurun masyarakat.

BACA JUGA:Jangan Lupa Mampir! Ini 7 Tempat Oleh-oleh Khas Kuningan, Ada Tape Ketan hingga Gemblong

Cerita yang beredar adalah bahwa Prabu Siliwangi mengutuk para bawahannya yang membangkang dan tidak mengikuti arahannya menjadi Ikan.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda dapat menjumpai Ikan Dewa di dua kolam besar yang berukuran 35x15 meter dan 45x15 meter dengan masing-masing kedalaman 1 – 2 meter.

Terlepas dari mitos dan dianggap sakral, namun Anda tetap diperbolehkan untuk berenang bersama ikan-ikan yang ada disana. Anda juga tidak perlu khawatir, karena keberadaan ikan dewa dikenal ramah dengan pengunjung. 

Selain berenang bersama Ikan Dewa, Anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas yang ada di Objek Wisata Cibulan seperti flying fox, ember tumpah, dan mengunjungi situs lainnya yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: