Manfaat Sirih Gading di Dalam Ruangan Menurut Penelitian, Mampu Menyerap Racun Asap Rokok, Simak Ulasannya!

Manfaat Sirih Gading di Dalam Ruangan Menurut Penelitian, Mampu Menyerap Racun Asap Rokok, Simak Ulasannya!

Manfaat Sirih Gading untuk Menyerap Racun Asap Rokok-Rumah123.com-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Sirih gading merupakan salah satu tanaman hias yang sudah populer dan banyak digemari sebagai tanaman indoor.

Sirih gading atau dengan nama latin epipremnum aureum merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki ciri daun yang unik berbentuk hati.

Sirih gading juga dikenal dengan tanaman yang tahan banting dan sulit mati. Sehingga cara merawat sirih gading cukup mudah dan bisa tahan di dalam ruangan.

Sirih gading dikenal sangat cocok sebagai tanaman dalam ruangan. Hal ini karena sirih gading bisa menjadi tanaman yang mampu membersihkan udara dan menyerap racun di dalam ruangan yang berasal dari asap rokok.

BACA JUGA: Penampakan Banjir di Stasiun Semarang Tawang, 4 KA Batal, 10 Dialihkan ke Jalur Selatan

Sama seperti kita tahu bahwa asap rokok mengandung ribuan zat kimia yang dikenal juga dengan istilah emisi asap. Komponen emisi asap rokok yang terkenal diantaranya tar, nikotin, dan karbon monoksida (CO).

Untuk mengatasi dan menekan gas beracun ini, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki kualitas udara. Salah satu nya dengan tanaman hias yang mampu mengurangi gas polutan di dan ruangan.

Diulas dari jurnal TechLINK Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Satya Negara Indonesia yang berjudul: Pengaruh Tanaman Sirih Gading (Epipremnum aureum)Terhadap Polutan Udara

Dalam Ruangan. Tanaman sirih gading berfungsi sebagai penghisap racun. Bagian daun dan akar tanaman sirih gading aman menyerap racun. Kemudian udara diserap untuk kemudian dilepaskan dalam bentuk udara bersih.

BACA JUGA: Tanda Kasih Sayang? Ternyata Ini 4 Alasan Mengapa Kucing Suka Menggigit Tangan Kita

Tanaman sirih gading mampu menyerap polutan di dalam ruangan. Selain itu juga mampu menyerap racun benzene yang berasal dari asap rokok.

Tanaman sirih gading dapat menyerap polutan secara efektif terutama karbon monoksida di udara. Tanaman ini terbukti mampu menyerap 34,59% gas karbon monoksida di dalam ruangan dalam waktu 1,5 jam.

Diulas dalam hasil penelitian lain, dalam Journal of Student Research (JSR) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya berjudul: Penerapan Lidah Mertua dan Sirih Gading dalam My Little PAP untuk Mengurangi Emisi CO di Ruangan Merokok sebagai Konsep Penerapan Smart City. 

NASA juga telah menyatakan bahwa sirih gading di dalam ruangan mampu membersihkan udara dari racun seperti benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: