Menjalani Ibadah Puasa Sambil Menurunkan Berat Badan? Yuk Olahraga di Waktu yang Tepat

Menjalani Ibadah Puasa Sambil Menurunkan Berat Badan? Yuk Olahraga di Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat olahraga saat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.-Yoga with Linda Tv - Tangkapan layar-radarkuningan.com

BACA JUGA:Harus Dilatih Dari Kecil! Ini 3 Sifat Kucing Kampung Yang Dapat Kamu Latih Sejak Usia Bayi

Olahraga bisa dilakukan di waktu sebelum sahur, waktu yang optimal untuk berolahraga adalah sekitar 30 menit sebelum waktu sahur. 

Melakukan olahraga pada saat ini memberikan kesempatan bagi tubuh untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme sebelum memulai puasa.

Menjelang sahur, penting untuk mengimbangi kebutuhan cairan yang hilang selama berolahraga dengan meminum air mineral dalam jumlah yang cukup. 

Selain itu, pastikan juga untuk menyertakan asupan nutrisi lain seperti sayur-sayuran dan buah-buahan untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dan mendapatkan nutrisi yang cukup.

BACA JUGA:Padahal Makan Pakai Mulut, Kenapa Kucing Menjilati Tangannya Setelah Makan? Ini Alasannya

3. Sebelum Tidur atau Sesudah Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa, tubuh telah menerima asupan nutrisi dan cairan yang diperlukan. Pada waktu ini, melakukan olahraga menjadi lebih aman karena tidak akan mengganggu ibadah puasa di siang hari dan memiliki risiko yang lebih rendah.

Namun, penting untuk memastikan bahwa tubuh telah mencerna makanan dengan baik sebelum melakukan olahraga. Ini bertujuan untuk menghindari kram perut dan memastikan kenyamanan selama olahraga. 

Disarankan untuk menunggu sekitar 30 hingga 60 menit setelah mengonsumsi makanan sebelum memulai sesi olahraga.

BACA JUGA:HATI-HATI!!! Inilah 3 Ular Berbisa yang Sering Masuk Rumah

Dengan memilih waktu yang tepat untuk berolahraga selama bulan Ramadan, dapat menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan penurunan berat badan dengan lebih efektif, bagi yang ingin turun timbangannya. 

Dengan memperhatikan waktu olahraga sebelum berbuka, menjelang sahur, atau setelah berbuka, dapat memaksimalkan manfaatnya tanpa mengganggu ibadah puasa. 

Penting untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh dan memastikan agar pola makan dan waktu olahraga seimbang agar tetap sehat dan bugar selama bulan suci ini. (Muhammad Sulthan Al muzakky)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: