Populasinya Terus Berkurang Di Alam Liar Yuk Simak 5 Fakta Unik Macan Tutul Jawa Yang Sekilas Mirip Harimau

Populasinya Terus Berkurang Di Alam Liar Yuk Simak 5 Fakta Unik Macan Tutul Jawa Yang Sekilas Mirip Harimau

macan tutul jawa-pinterest-radarkuningan.com

Sesuai dengan namanya, mereka endemik di hutan tropis Pulau Jawa. Macan Tutul Jawa dikenal juga dengan sebutan Macan Dahan, kemampuannya memanjat dan banyak menghabiskan waktu di pepohonan.

3.Karakteristik

Macan tutul jawa mempunyai mata berwarna abu-abu keperakan, warna kulit coklat muda dengan bintik-bintik hitam pada tubuhnya. Ukuran macan tutul bisa mencapai 160cm dengan berat 50-70kg, yang jantan lebih besar dibandingkan betina.

4.Kebiasaan berburu yang unik

Macan tutul jawa merupakan hewan nokturnal yang aktif pada malam hari. Macan tutul jawa mempunyai kemampuan memanjat dan berenang yang baik. Saat mencari mangsa di malam hari, hewan ini biasanya menunggu di pepohonan dan akan membawa mangsanya hingga ke atas pohon.

Tahukah kamu? Bintik macan tutul jawa membantu mereka berkamuflase di pohon untuk mencari mangsanya dari atas.

BACA JUGA:Nasib Babi Hutan di Gunung Ciremai, Masih Dianggap Satwa Pengganggu, Bisa Cegah Macan Tutul Masuk Kampung

BACA JUGA:Bukan Maung Putih tapi Macan Sancang, Sering Keluar Hutan, Mendekati Pemukiman Warga Setempat

Mereka mempunyai kemampuan pendengaran yang luar biasa, lima kali lebih tajam dari manusia. Oleh karena itu, hewan ini dapat mendengar jika mangsanya berada di dekatnya dan selalu waspada terhadap segala ancaman.

5.Menjadi Pelaku Ekosistem Tertinggi

Setelah punahnya harimau jawa pada tahun 1980an membuat macan tutul jawa sebagai  salah satu predator top di lingkungan ekosistemnya, macan tutul jawa memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan tropis. 

Mereka membantu mengendalikan populasi hewan mangsa seperti rusa, babi hutan, dan monyet, sehingga mencegah ekspansi populasi yang berlebihan.

Nah itu dia informasi mengenai fakta unik macan tutul jawa, semoga informasi diatas dapat membantu menambah wawasan bagi para pembaca terkait macan tutul jawa ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: