Mengenal Lebih Dalam Penguasa Tertinggi Hutan Jawa, Macan Tutul Jawa

Mengenal Lebih Dalam Penguasa Tertinggi Hutan Jawa, Macan Tutul Jawa

macan tutul jawa-Foto by Radarkuningan.com-radarkuningan.disway.id

Ciri lain yang membedakan Macan Tutul Jawa adalah ukuran tubuhnya, yang biasanya memiliki panjang sekitar 150 cm dengan tinggi sekitar 90 cm.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Destinasi Wisata Populer di Kuningan Jawa Barat yang Cocok Untuk Libur Lebaran

Meskipun demikian, jika dibandingkan dengan subspesies macan tutul lainnya, Macan Tutul Jawa termasuk yang memiliki ukuran paling kecil.

Mereka adalah hewan yang cenderung menyendiri dan menghindari pertemuan dengan sesama. Aktivitas berburunya lebih sering terjadi pada malam hari, ketika kegelapan menyelimuti hutan.

Selain memiliki pola bulu yang unik, Macan Tutul dapat ditemui di berbagai belahan dunia. Mereka tersebar mulai dari wilayah timur laut dan Sahara Afrika, Asia Tengah, India, hingga Tiongkok.

Namun, di Indonesia, Macan Tutul Jawa hanya dapat ditemukan di Pulau Jawa, Pulau Kangean, dan Pulau Nusakambangan.

BACA JUGA:Dinyatakan Punah! Ternyata Begini Beberapa Fakta Menarik Harimau Jawa yang Belum Diketahui

Hutan-hutan di Pulau Jawa menjadi habitat utama bagi populasi spesies ini, dengan sebaran keberadaannya yang tercatat mulai dari Taman Nasional Ujung Kulon di Provinsi Banten hingga Taman Nasional Alas Purwo di Provinsi Jawa Timur.

Mayoritas dari mereka hidup di dalam kawasan-kawasan hutan konservasi di Indonesia seperti Taman Nasional dan juga Cagar Alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: