Waspada Potensi Kemacetan di Pertemuan Tol Cisumdawu - Cipali dan Rest Area di Majalengka

Waspada Potensi Kemacetan di Pertemuan Tol Cisumdawu - Cipali dan Rest Area di Majalengka

Terdapat potensi macet karena bottle neck di pertemuan Tol Cisumdawu dan Cipali yang ada di Km 153 - 157 Kabupaten Majalengka.-Yuda Sanjaya-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ada potensi kemacetan di titik pertemuan Jalan Tol Cisumdawu dengan Cipali di Km 153 - 157 yang berada di wilayah Kabupaten Majalengka.

Potensi kemacetan ini timbul karena terdapat Junction Dawuan yang menjadi koneksi dari Jalan Tol Cisumdawu ke Tol Cipali.

Sehingga kendaraan dari arah Bandung dan Jakarta akan bertemu di titik tersebut. Ditambah kemungkinan kepadatan dengan adanya rest area sekitar 10 kilometer di depannya yakni Km 166.

Terkait adanya potensi kemacetan ini sudah menjadi perhatian dari Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat rapat koordinasi di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Villa di Kuningan Jawa Barat yang Murah, Cocok untuk Libur Lebaran

Budi Karya berharap ada perhatian lebih terkait dengan potensi kemacetan ini. Termasuk volume kendaraan yang akan melintasinya pada saat puncak arus mudik - balik Lebaran 2024.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso mengatakan, penanganan bottle neck di Km 153 - 157 akan mengikuti rekayasa lalu lintas yang ditetapkan.

"Untuk itu, bottle neck yang ada di Km 153 sudah kita antisipasi betul dengan rekayasa lalu lintas dari arah Jakarta," kata Brigjen Pol Raden Slamet Santoso di Km 188 Tol Cipali, Senin, 1, April 2024.

Menurut dia, apabila sudah diberlakukan contra flow bahkan one way dari Jakarta, secara otomatis akan mengikuti di Tol Cipali.

BACA JUGA:Apakah Ular Bisa Dipelihara? Ini 6 Jenis Ular yang Bisa Dipelihara, Aman Tidak Berbisa dan Punya Warna Unik

"Kalau di Km 47 -72 itu sudah one way, otomatis yang jalur Cipali akan one way sampai di Kalikangkung," ujarnya.

Langkah tersebut merupakan salah satu strategi atau upaya menangani bottle neck di Km 153 bisa lancar sampai ke arah timur.

Kemudian terkait dengan rest area di Km 166 dan 164, keduanya akan tetap beroperasi. Ketika berlaku one way, maka keduanya akan menampung kendaraan menuju arah timur atau ke Jawa Tengah.

Seperti diketahui, untuk tahun ini Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi penuh menunjang arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: