Profil Ular Sanca Kembang Yang Sering Masuk Rumah Warga, Ketahui Ciri Fisiknya Untuk Tindakan Penanggulangan!

Profil Ular Sanca Kembang Yang Sering Masuk Rumah Warga, Ketahui Ciri Fisiknya Untuk Tindakan Penanggulangan!

Profil ular sanca kembang yang kerap masuk rumah warga-Stockvault-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ular piton atau Ular sanca, merupakan salah satu spesies Ular yang memiliki banyak jenis. 

Salah satu jenis dari ular yang sering masuk rumah warga ini adalah ular sanca kembang. ular sanca kembang, selain memiliki ukuran yang besar, dan badan yang lebar, ular sanca kembang memiliki otot-otot tubuh yang kuat, sehingga menjadikannya ular yang dapat dengan mudah membobol rumah warga.

Tidak jarang kasus-kasus ditemukannya ular sanca kembang. Baik hanya sekedar masuk dalam rumah warga, hingga bisa berkembang biak di dalamnya. Meski sudah sering ditemukan masuk dalam rumah warga, faktanya masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui ciri fisik dari ular sanca kembang ini.

Untuk membantumu mengenali ular sanca kembang, kami telah merangkum profil ular sanca kembang yang harus kamu ketahui. Dengan harapan bisa membantumu mengenali ular sanca kembang, simak informasi dan penjelasannya berikut ini! 

BACA JUGA:Dampingi Sang Ayah, Sekda Kuningan Bareng Ribuan Jamaah Salat Idul Fitri di Masjid Syiarul Islam

Ciri Fisik dan Profil Ular Sanca Kembang

Sama dengan ular piton pada umumnya, sanca kembang memiliki nama ilmiah Phytonidae, dan nama binomial python reticulatus

Ular sanca kembang memiliki wilayah persebaran yang sama seperti jenis ular piton pada umumnya, yaitu di Benua Asia, termasuk Indonesia. Habitat dan tempat tinggal ular sanca kembang adalah tempat yang lembab dan dingin, karena ular sanca kembang harus menyesuaikan suhu.

Hidup di hutan-hutan tropis, tidak heran jika sanca kembang mencari tempat dingin sekaligus hangat untuk bisa bertahan hidup dengan baik. Ular sanca kembang ini juga dapat tumbuh besar hingga tiga meter panjangnya. Tidak hanya besar, otot ular sanca kembang cenderung lebih besar dari ular piton pada umumnya.

BACA JUGA:Kapolri, Kapolda Jabar hingga Kapolres Kuningan Kirim Karangan Bunga ke Rumah Orang Tua Eva Daniawati

Cara Pencegahan Dan Penanggulangan Ular Sanca Kembang

Tidak ada asap, tanpa adanya api. Begitu-pun dengan ular sanca kembang yang memasuki rumah warga. Jika ular masuk rumah warga, tandanya ia hanya mencari dua hal, yang pertama tempat tinggal, dan yang kedua adalah makanan. Untuk mencegah ular masuk rumah, kamu hanya perlu memburu tikus dan hama lainnya di rumah.

Jika sudah terlanjur bersarang di rumahmu, cobalah untuk mencari sarang yang dibuat oleh ular sanca kembang di dalam rumah. Untuk sarangnya, cobalah mencari di atap rumah, bagasi, dapur, dan bagian rumah lain yang sekiranya memiliki suhu lembab dan hangat.

Jika sarang sudah ditemukan, segera rusak sarangnya, jika tidak ada ular sanca kembang di dalamnya. Namun, jika kamu menemukan sanca kembang ada pada sarangnya, maka pastikan kamu menangkap ular ini terlebih dahulu. Hubungi damkar atau kumpulkan masyarakat sekitar, dan ingat, jangan sampai terlilit!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: