Pintar Memancing Ikan! Yuk Kenal Lebih Dekat Dengan Kucing Bakau, Si Kucing Hutan Asli Indonesia

Pintar Memancing Ikan! Yuk Kenal Lebih Dekat Dengan Kucing Bakau, Si Kucing Hutan Asli Indonesia

fakta menarik kucing bakau-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Indonesia memiliki keanekaragaman fauna yang eksotis dan unik, salah satunya adalah kucing bakau atau fishing cat.

Kucing hutan dari anggota famili Felidae ini memiliki nama latin Prionailurus viverrinus dan merupakan salah satu dari tiga jenis kucing yang mempunyai kemampuan untuk berenang.

Hal tersebut karena jenis kucing ini dilengkapi dengan selaput di antara jari-jari kakinya serta bentuk ekor yang memipih, yang memungkinkannya digunakan sebagai dayung.

Selain itu, tubuh kucing hutan ini juga ditopang oleh otot-otot kaki pendek yang sangat berguna sebagai pengayuh saat berenang.

Selain keunikan tadi, ada banyak fakta menarik lain tentang kucing bakau. Berikut adalah lima fakta menarik tentang kucing bakau, kucing hutan langka asal Indonesia yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA:Berstatus Dilindungi! Inilah 5 Jenis Kucing yang Tidak Boleh Dipelihara di Indonesia

Sangat Suka Berenang

Kucing bakau memiliki keunikan pada habitat hidupnya di lahan basah, terutama di kawasan rawa, daerah aliran sungai, hutan mangrove, dan tepi pantai.

Kucing ini diketahui dapat menyelam dan berenang dalam jarak yang jauh untuk berburu mangsa. Kucing terbesar dalam genus Prionailurus ini tersebar mulai dari timur Pakistan, India, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Vietnam, Thailand, Laos, Malaysia, hingga Indonesia.

Di Indonesia, kucing ini tercatat menghuni pesisir pantai Jawa dan Sumatra, meskipun belum ada penelitian lebih lanjut terkait jumlah pasti kucing ini di alam liar.

Pandai Memancing Ikan

Karena kegemarannya dalam berenang dan hidup pada habitat di lahan basah seperti rawa atau dekat aliran sungai, kucing bakau juga sangat sangatlah pandai dalam menangkap atau memancing ikan.

Dilansir dari Mongabay, kucing bakau biasanya memiliki 3 strategi khusus untuk menangkap seekor ikan untuk dijadikan santapannya, yaitu dengan cara menunggu, menyelam dan juga menyergap.

BACA JUGA:3 Cara Menghilangkan Bau Pesing Kucing dari Sofa, Secara Ampuh dan Mudah! Catlovers Wajib Tau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: