Mengenal Lebih Dekat Serak Jawa, Fakta Menarik Seputar Burung Hantu Serak Jawa

Mengenal Lebih Dekat Serak Jawa, Fakta Menarik Seputar Burung Hantu Serak Jawa

fakta unik serak jawa-Ilustration by Radarkuningan.com-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Bagi para penggemar Harry Potter yang juga menyukai satwa, tentu sudah tak asing lagi dengan salah satu hewan yang sering muncul dalam berbagai adegan di film tersebut.

Betul sekali, hewan tersebut adalah burung hantu, sahabat setia sang tokoh utama. Salah satu jenis burung hantu yang paling mudah dikenali adalah Barn Owl atau Serak Jawa (Tyto alba).

Mari kita pelajari lebih dalam tentang satwa ini melalui berbagai fakta unik dari Burung Hantu atau Serak Jawa ini!

Habitat dan Karakteristik Serak Jawa atau Barn Owl

Serak Jawa memiliki populasi yang tersebar luas di hampir semua benua kecuali Antartika, termasuk wilayah Australia dan Tasmania.

BACA JUGA:Cukup Menanam 4 Tanaman Hias Ini Bisa Menjadi Solusi Pembasmi Tikus di Rumah, Memiliki Aroma yang Kuat

Burung ini dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari tepi hutan, area pepohonan tinggi, hingga taman-taman di kota besar. Di Amerika Selatan, Serak Jawa sering dijumpai di padang rumput serta kepulauan Oceania.

Burung hantu ini sering disebut sebagai burung hantu putih karena penampilannya yang mencolok. Mereka termasuk dalam spesies burung berukuran besar dengan mata menghadap ke depan yang memberi kesan tajam.

Salah satu ciri khas yang membuat mereka mudah dikenali adalah bentuk wajah mereka yang menyerupai hati berwarna putih dengan tepi coklat.

Kemampuan Unik Serak Jawa

Dalam hal berburu, Serak Jawa memiliki kemampuan yang luar biasa yaitu terbang tanpa suara. Hal ini sangat membantu dalam pendengaran mereka untuk mendeteksi mangsa.

Pergerakan sayap mereka diredam oleh lapisan mirip beludru pada permukaan bulu sayapnya, serta tepi sayap yang memiliki jumbai halus yang meredam suara kepakan.

BACA JUGA:Yanuar Prihatin Jadi Bakal Calon Bupati Kuningan Pertama yang Dapat Rekomendasi Partai

Pendengaran dan Penglihatan Tajam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: