Pendakian Masal Gunung Ciremai Jadi Tanda Pembukaan Festival Ciremai 2024, Ada Titik Triangulasi 3078 MDPL

Pendakian Masal Gunung Ciremai Jadi Tanda Pembukaan Festival Ciremai 2024, Ada Titik Triangulasi 3078 MDPL

Peresmian Tugu Baru Gunung Ciremai-gunung_ciremai Instagram - tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Pendakian masal Gunung Ciremai menjadi tanda pembukaan Festival Ciremai 2024, sekaligus meresmikan tugu yang menjadi Titik Triangulasi 3078 MDPL (Meter di Atas Pemukaan Laut).

Tugu tersebut menjadi ikon dari gunung yang dijuluki atap Provinsi Jawa Barat dan diresmikan langsung oleh Penjabat Bupati Kuningan, R Iip Hidajat bersama dengan Dandim Kabupaten Kuningan dan pejabat lainnya.

Diketahui sebelumnya puncak ciremai via Apuy dan Palutungan hanya memiliki penanda patok bertuliskan puncak Gunung Ciremai 3078 MDPL.

Tugu ini, sering digunakan para pendaki untuk berfoto. Namun kini telah diresmikan tugu baru yang megah dan besar sebagai ikon dan spot foto baru para pendaki Gunung Ciremai.

BACA JUGA:Ternyata Kucing Itu Lebih Pintar Dua Kali Lipat Daripada Anjing! Begini Kata Peneliti

Pj Bupati Kuningan dan rombongan melakukan pendakian, Sabtu, 1 Juni 2024 via Jalur Palutungan. Lebih dari 100 pendaki mengikuti kegiatan yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Namun separuh dari rombongan hanya mengikuti sampai Pos Cigowong dan berkemah di pos tersebut.

Uniknya, setelah tiba di atap Jawa Barat, Iip Hidajat lantas menggunakan pakaian lengkap PDU nupati yang berupa setelan putih.

Selain Pj Bupati Kuningan turut serta pula seluruh kepala SKPD, Para Camat serta beberapa tokoh masyarakat lainnya yang ikut mendampingi peresmian tugu tersebut.

BACA JUGA:Pemilik Anabul Wajib Tahu, Ini 5 Alasan Kenapa Kuku Kucing Tidak Boleh Dipotong, Ternyata Kucing Merasa Sakit

Saat pendakian, rombongan lainnya bersama PJ. Bupati Kuningan melanjutkan perjalanan dan bermalam di Pos Pasanggrahan yang kemudian melanjutkan perjalanan menuju puncak pukul 03.00 WIB dini hari.

Peresmian tugu baru Gunung Ciremai ini merupakan bagian dari memperingati Hari Lahir Pancasila yang bertepatan pada tanggal 01 Juni serta juga sebagai bentuk merayakan kalender event di Kabupaten Kuningan yaitu Festival Ciremai.

Pj Bupati Kuningan juga menyebutkan bahwa setelah peresmian tugu baru ini juga akan ada banyak event festival Cirmai lainya seperti event Pasar Leeweung, trail run dan banyak lagi termasuk kegiatan-kegiatan budaya.

Dalam dialognya bersama rombongan di puncak atap Jawa Barat PJ Bupati Kuningan juga mengingatkan bahwa peresmian tugu ini sebagai pengingat untuk bersama menjaga alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: