Alasan Mengapa Tikus Sangat Senang Masuk dan Bersarang di Dalam Kap Mesin Mobil Kita

Alasan Mengapa Tikus Sangat Senang Masuk dan Bersarang di Dalam Kap Mesin Mobil Kita

alasan tikus masuk dan bersarang di kap mobil-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Mobil yang nyaman dan terawat tentu menjadi kebanggaan pemiliknya. Namun, ada masalah yang seringkali tidak disangka-sangka, yaitu tikus yang masuk dan bersarang di dalam kap Mobil.

Kehadiran tikus tidak hanya menjengkelkan, tetapi juga dapat merusak komponen mobil yang vital. Mengapa tikus memilih tempat ini sebagai sarang mereka? Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Perlindungan dari Predator dan Cuaca

Tikus adalah hewan kecil yang selalu mencari tempat yang aman dari predator dan cuaca ekstrem. Kap mobil yang tertutup menawarkan tempat perlindungan yang sempurna dari burung pemangsa, kucing, dan hewan lain yang mungkin mengancam mereka.

Selain itu, suhu di dalam kap mobil lebih stabil dibandingkan dengan di luar, baik di musim panas maupun di musim hujan, menjadikannya tempat yang nyaman untuk berlindung.

BACA JUGA:Hindari Penggunaan 3 Barang Pemicu Tikus Datang Ke Rumah Ini, Bila Ingin Rumah Bebas Dari Tikus! Apa Saja?

2. Sumber Makanan yang Melimpah

Tikus adalah hewan pengerat yang cenderung mencari makanan di mana pun mereka berada. Di daerah perkotaan atau pinggiran kota, mobil sering diparkir dekat dengan sumber makanan seperti sampah, sisa makanan, atau bahkan makanan hewan peliharaan.

Kabel dan komponen mobil, terutama yang terbuat dari bahan organik seperti karet atau plastik berbasis kedelai, juga bisa menjadi sumber makanan bagi tikus.

Beberapa mobil modern menggunakan bahan-bahan ini, yang ternyata menarik bagi tikus karena baunya yang menyerupai makanan.

3. Ketenangan dan Kelembapan yang Ideal

Bagian dalam kap mobil biasanya lebih tenang dan lembap dibandingkan dengan lingkungan luar. Tikus cenderung memilih tempat yang jarang diganggu manusia untuk bersarang.

BACA JUGA:Bukan Hanya Indah, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Menangkal Kedatangan Tikus Ingin Bersarang! Pemilik Aroma Terapi

Mobil yang jarang digunakan atau diparkir dalam jangka waktu lama menjadi target utama tikus untuk membuat sarang dan berkembang biak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: