Beginilah Arti Desa Sempora dan Menurut Sejarah Terbentuknya Desa Sampora, Ternyata Wilayahnya Strategis!

Beginilah Arti Desa Sempora dan Menurut Sejarah Terbentuknya Desa Sampora, Ternyata Wilayahnya Strategis!

Mengetahui lebih dalam tentang Desa Sempora, beginilah menurut sejarah terkait asal usulnya dan ternyata wilayahnya strategis.-travel.kompas.com-radarkuningan.com

Namun, apakah anda tahu sejarah Desa Sampora yang berada di Kuningan Jawa Barat? Menurut pakar sejarah menyatakan bahwa Desa Sampora menjadi tempat Diletakannya senjata Belanda.

Desa Sampora menjadi tempat sejarah, berperan dalam penempatan senjata modern di Bukit Pasir Ekek, sehingga menjadikan para serdadu Belanda melancarakan serangan ke kendaraan militer milik musuh. 

Senjata mariam ini diletakan pada area strategis dengan ketinggian, sehingga terlihat jalur Cirebon dan Kuningan dengan jelas dan tempat tersebut berada di Bukit Pasir Ekek.

BACA JUGA:2 Hewan Penyebab Penyakit Pada Kucing Peliharaan Ini Wajib Dibasmi Jika Ingin Kucing Sehat! Ini Penjelasannya

Terdapat bangunan serta senjata mariam yang diletakan pada masa itu, menjadikan belum adanya pemerintahan desa atau Tumenggung  di Wilayah Desa Sampora dengan alasan Keselamatan.

Kemudian melalui musyawarah Desa Khusus, barulah disepakati Peraturan Desa Sampra No. 6 Tahun 2022 terkait Penetapan dan Pengesahan Hari Jadi pada 1 Juli 1909.

Melansir laman desa-sampora.kuningankab.go.id, deskripsi singkatnya yaitu secara administrasi Desa Sampora berada di wilayah Cilimus, Kabupaten Cirebon yang memiliki beragam wilayah.

Itulah sejarah Desa Sampora di Kuningan Jawa Barat menurut pakarnya, yang dikutip dalam laman resmi desa-sampora.kuningankab.go.id, semoga informasi ini bisa dijadikan edukasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: