Biaya Administrasi untuk Sidang di CAS Ternyata Segini, PSSI Siap Bayar untuk Maarten Paes?

Biaya Administrasi untuk Sidang di CAS Ternyata Segini, PSSI Siap Bayar untuk Maarten Paes?

Biaya sidang CAS Maarten Paes ternyata tidak sampai Rp 30 miliar seperti yang digosipkan.-FC Dallas - tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Court Arbitration of Sport (CAS) telah merinci secara jelas rangkaian biaya yang dikeluarkan untuk sidang arbitrase, yang tentunya berlaku untuk PSSI dan Maarten Paes.

Secara normatif biaya administrasi di CAS tersebut ditetapkan sebesar CHF 1.000 atau sekitar Rp 18 juta (kurs;  1 CHF = 18.144,13 Rupiah Indonesia).

Kendati demikian ada biaya lain yakni untuk mediator hingga transportasi yang ditetapkan dengan standar CAS.

Hal tersebut tentu menjadi gambaran ketika PSSI melakukan gugatan terhadap Statuta FIFA 2022 Pasal 9 Ayat 2 yang menghalangi Maarten Paes untuk membela Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Solusi Dibalik Masalah Maarten Paes: Cyrus Margono, Kiper Muda Berbakat dengan Cita-cita Bela Timnas Indonesia

Mengenai biaya ini, pernah dirumorkan mencapai Rp 30 miliar. Namun telah dibantah oleh para pihak terkait.

Pembicaraan mengenai sidang di CAS ini, belakangan memang hangat di tanah air.

Apalagi setelah Timnas Indonesia masuk ke Grup C Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, di mana dalam grup tersebut ada Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain hingga Tiongkok.

Bagaimana dengan rincian biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan sidang arbitrase di CAS? Berikut rincian yang dikutip dari CAS Administrative costs.

BACA JUGA:Inilah 7 Jenis IPhone yang Kebagian Update IOS 18, Apa Punya Anda Termasuk?

Sebagai informasi bahwa biaya di CAS adalah CHF 1.000. Biaya tersebut ternyata dibagi rata untuk pihak yang terlibat dalam sengketa yakni masing-masng CHF 500 (Franc Swiss).

Dengan pembayaran biaya tersebut tentu proses mediasi akan berjalan. Namun, bila uang muka biaya tidak dibayarkan oleh salah satu pihak, prosedur mediasi akan dihentikan.

Mengutip CAS Administrative costs, ketika para pihak sepakat untuk menyerahkan prosedur arbitrase biasa/banding ke mediasi, biaya Kantor Pengadilan sebesar CHF 1.000 (seribu franc Swiss).

Biaya dibayarkan oleh Penggugat/Pembanding dalam prosedur arbitrase akan dikreditkan ke prosedur mediasi dan digunakan sebagai biaya administrasi untuk mediasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: