Bukan Hanya Sebagai Bumbu Dapur, Ini 5 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bukan Hanya Sebagai Bumbu Dapur, Ini 5 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

5 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan-Honestdocs-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kunyit bukan hanya dikenal sebagai bumbu dapur, namun memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan.

Sudah sejak zaman dulu, kunyit telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Mungkin kamu juga sudah familiar dengan jamu kunyit asam. Itu salah satu manfaat dari kunyit.

Berikut ini beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Mengobati Maag

Salah satu manfaat kunyit bagi kesehatan yaitu dapat mengobati Maag. Kunyit sudah sejak lama populer sebagai obat gangguan pencernaan alami. 

BACA JUGA:Bulan Juli yang Bersejarah, Inilah Asal Mula Taman Nasional Gunung Ciremai, Bermula dari Surat Bupati Kuningan

Hal ini karena kurkumin dapat meningkatkan produksi lendir dinding lambung. Lendir inilah yang akan melindungi lambung dari iritan-iritan penyebab peradangan dan luka di lambung yang menimbulkan gejala maag.

2. Mengurangi nyeri saat haid

Manfaat berikutnya dari kunyit yaitu dapat mengurangi rasa sakit saat haid bagi wanita. Ini karena kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim.

Kunyit juga bermanfaat membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

BACA JUGA:Penghuni Ruko Siliwangi Minta Event Pemkab Kuningan Melibatkan Lebih Banyak UMKM

Dengan mengkonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan dengan adanya zat anti kataral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: