STY Bersikeras Tolak Panggil Elkan Baggott Buat Kualifikasi Piala Dunia, Coach Justin: Egonya Ketinggian!

STY Bersikeras Tolak Panggil Elkan Baggott Buat Kualifikasi Piala Dunia, Coach Justin: Egonya Ketinggian!

Potret Shin Tae-yong (atas) dan Elkan Baggott (bawah).-Kolase Gambar -radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersikeras tolak panggil Elkan Baggott untuk mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Keputusan juru taktik asal Korea Selatan yang tetap menolak memanggil bek jangkung ini menjadi sorotan tersendiri, namun belum ada kepastian yang jelas dibalik keputusan coach Shin.

Pengamat sepakbola kondang Justinus Lhaksana juga turut mengomentari sikap yang cukup keras dari arsitek 53 tahun ini, menurutnya ego dari STY terlalu tinggi. 

"Egonya ketinggian, dia bisa panggil (Elkan Baggott) buat Kualifikasi Piala Dunia, mungkin sebelumnya karena ada kesalahpahaman, jadi ada keputusan atas sanksi seperti ini" tandasnya.

BACA JUGA:Tampil di Liga 1 dan AFC Champions League 2, Bojan Hodak Pasang Target Persib di Setiap Laga

Kehadiran Elkan Baggott tentu bisa menjadi pembeda buat lini belakang Timnas Indonesia pada saat mengarungi putaran ketiga Kualifikasi Pildun yang bergulir September mendatang. 

Sebagai seorang bek, postur tubuh Elkan berbeda dari pemain bek lain, ia memiliki badan tinggi dan kekar, yang memungkinkan untuk membuat rasa 'intimidasi' bagi lawan.

Dengan postur 190 cm lebih, dan badan kekar proporsional. Elkan bisa menjadi opsi yang sangat baik jika benar dipanggil buat memperkuat skuad Garuda. 

Perawakan Elkan yang tinggi dan kekar jadi mengingatkan kita pada bek hebat seperti Virgil Van Dijk dan Antonio Rudiger serta Josko Gvardiol yang terkenal kuat dalam posisi pertahanan.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Dijamin Tidur Nyenyak, 2 Pemain Baru Lini Depan dan Belakang Sudah Siap Kualifikasi Piala Dunia

Dugaan kuat Elkan Baggott tidak dipanggil alias ditolak oleh Shin Tae-yong adalah adanya kesalahpahaman antara pelatih dan pemain ini.

Diduga terjadi pada saat pemanggilan untuk Timas Indonesia U23 sewaktu bermain di babak play-off Olimpiade Paris 2024 lalu saat melawan tim dari Guinea U23 bulan Mei lalu.

Dari situ, Big Elks menjadi sering tidak muncul dalam daftar pemain yang dipanggil coach Shin. Contohnya saat Kualifikasi Piala Dunia putaran kedua saat melawan Irak dan Filipina. 

Sewaktu Timnas Indonesia melakukan laga uji coba melawan Tanzania, nama Elkan juga tidak dipanggil untuk mengikuti laga persahabatan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: