6 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Cocok di Tanam di Berbagai Area Sekitar Rumah

6 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Cocok di Tanam di Berbagai Area Sekitar Rumah

tanaman hias pengusir nyamuk-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Banyak orang mengalami kesulitan tidur akibat gigitan nyamuk yang gatal. Untuk mengatasi masalah ini, ada cara alami yang bisa dilakukan, yaitu dengan menanam tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah.

Seperti halnya tanaman yang tahan terhadap panas matahari, tanaman pengusir nyamuk memiliki alasan tersendiri mengapa nyamuk dan serangga kecil lainnya, seperti lalat, tidak menyukai mereka.

Umumnya, ini disebabkan oleh aroma yang dihasilkan tanaman tersebut yang cukup menyengat bagi serangga seperti nyamuk, sehingga membuat mereka enggan mendekat.

Apa saja jenis tanaman hias pengusir nyamuk yang bisa di tanam di area sekitar rumah?

BACA JUGA:Media Vietnam Sorot Kedatangan Maarten Paes di Timnas Indonesia, 'Beneran Lampu Hijau'

Berikut 6 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

1.Lavender

Lavender tidak hanya cantik dan memiliki aroma yang harum, tetapi juga efektif mengusir nyamuk. Menanam bunga lavender di pekarangan rumah atau di dalam pot dapat membantu mencegah nyamuk masuk ke rumah.

Selain itu, lavender yang telah dihancurkan bisa menghasilkan minyak yang digunakan sebagai pengusir nyamuk alami.

Tanaman dengan bunga berwarna ungu ini juga memiliki manfaat lain, yaitu membantu melembutkan kulit, sehingga sering digunakan sebagai bahan dalam produk losion antinyamuk.

BACA JUGA:Masih Jarang Diperhatikan! Ini 5 Tanda Kucing Jantan Sedang Birahi yang Perlu Diketahui Pet Parents

2.Sereh Wangi

Sereh wangi, atau yang lebih dikenal sebagai serai, merupakan tanaman perdu yang sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa tanaman ini juga memiliki kemampuan mengusir nyamuk.

Kandungan sitronellol dan geraniol yang tinggi dalam serai wangi mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.

Bahkan, zat sitronellol dalam serai wangi diklaim mampu membunuh nyamuk.

BACA JUGA:OTW Debut di Oxford United, Marselino Ferdinan Dapat Pujian dari Pelatih Buckingham, 'Punya Banyak Talenta'

3.Lemon Balm

Lemon balm adalah tanaman herba yang berasal dari keluarga mint Lamiaceae. Tanaman ini pertama kali ditemukan di wilayah Eropa, Afrika Utara, Asia Tengah, dan Mediterania.

Di Indonesia, lemon balm sering digunakan sebagai bahan makanan, minuman, dan obat-obatan. Salah satu keunggulan lemon balm adalah kemampuannya mengusir nyamuk di sekitar rumah, menjadikannya pilihan alami yang efektif.

4.Catnip

Catnip sering kali dianggap sebagai "ganja" bagi kucing karena efeknya yang membuat kucing berperilaku lucu saat menjilat atau mengunyahnya.

Namun, selain disukai kucing, catnip juga dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk dan bahkan tikus. Dengan menanam catnip, Anda bisa mendapatkan manfaat ganda, yaitu menghibur kucing peliharaan sekaligus mengusir hama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: