Kronologi Maarten Paes Tiba-Tiba Bisa Main Lawan Arab Saudi

Kronologi Maarten Paes Tiba-Tiba Bisa Main Lawan Arab Saudi

Maarten Paes tiba-tiba bisa memperkuat Timnas Indonesia. Begini kronologi proses yang terjadi. -Tangkapan layar-Instagram @timnas.indonesia

"Jadi begini, di tanggal 31 Agustus, PSSI bersurat kepada AFC memohon supaya Maarten Paes bisa dimainkan (lawan Arab Saudi),” kata Sumardji dikutip Radar Kuningan.

Upaya tersebut akhirnya berhasil. Jelang satu hari pertandingan, Maarten Paes akhirnya bisa bermain untuk Skuad Merah Putih lawan The Green Falcon.

BACA JUGA:Gabung Timnas Indonesia, Kondisi Maarten Paes Belum 100 Persen

Padahal kabar sebelumnya, penjaga gawang berusia 26 tahun itu, tidak bisa memperkuat Skuad Garuda karena namanya telat untuk didaftarkan ke AFC.

Dijelaskan Exco PSSI, Arya Sinulingga absennya Paes di laga perdana itu, karena terganjal aturan AFC perihal pendaftaran pemain yang sudah melebihi waktu.

"AFC mengatakan bahwa kita harus mendaftarkan pemain untuk match pertama pada tanggal 5 Agustus 2024 kemarin, sementara prosesnya baru selesai 18 Agustus," ungkap Arya.

Dengan begitu, jelas Arya, kiper pemilik postur 191 cm itu, belum bisa main saat Indonesia melawan Arab Saudi.

BACA JUGA:Hujan Salju Warnai Latihan Timnas Indonesia di Arab Saudi

Sementara itu, menurut pengamat sepakbola tanah air, Ronny Pangemanan, pemain yang sudah menjalani proses naturalisasi pada April 2024 itu, baru bisa menjalani debutnya saat melawan Australia pada 10 September 2024 mendatang.

"Jadi lawan Arab Saudi lewat, namun tersedia saat melawan Australia," sebut Ronny Pangemanan.

Kabar terbaru kini menyebutkan, Maarten Paes sudah bisa tampil berseragam Garuda di dada saat melawan Arab Saudi.

Kepastian kabar tersebut, ditegaskan Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI di laman sosial media Instagram pribadinya.

BACA JUGA:Timnas Day! Arahan Khusus STY: Lawan Arab Saudi Bukan Pakai Fisik Tapi Pakai Strategi Cerdas

"Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan ---bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif, Maarten Paes akhirnya telah-- berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili tim nasional Indonesia," tulisnya.

Dengan bergabungnya Paes, Erick semakin percaya diri untuk menyambut semua laga Timnas Indonesia dibawah arahan pelain Shin Tae Yong (STY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: