Rumput dan Sampah Dibersihkan Dirjen Bina Marga, Jalan Lingkar Timur Mulai Kinclong

Rumput dan Sampah Dibersihkan Dirjen Bina Marga, Jalan Lingkar Timur Mulai Kinclong

Sejumlah pekerja tengah membabat rumput di sepanjang ruas Jalintim dari Garatengah sampai Ancaran. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Jalan lingkar timur (Jalintim) ruas Garatengah-Ancaran, nampak mulai bersih dan kinclong.

Ini setelah Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional DKI Jakarta- Jawa Barat menurunkan tim untuk membersihkan rumput di sepanjang ruas jalan tersebut.

BACA JUGA:Ditinggal Pergi ke Luar Kota, Rumah Warga Sukajaya, Kuningan Diamuk si Jago Merah

Hampir saban hari, sejumlah pekerja bekerja keras membabat rumput dan ilalang yang tumbuh subur di jalan lingkar timur. Menggunakan peralatan manual, para pekerja menyasar tebing dan bahu jalan.
 
Selain rumput, saluran air yang berada di kiri dan kanan badan jalan juga tak luput dari pembersihan. 
 
Hasilnya, ruas jalan itu mulai lenglang dari rumput dan tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh warga dan pengguna jalan.
 
 
Disamping sampah dari warga dan pengguna jalan, petugas juga memunguti sampah yang bertebangan dari mobil pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kuningan.
 
Pekerjaan pembersihan rumput dan sampah diawasi langsung oleh Dudung, pengawas dari Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional DKI Jakarta- Jawa Barat.
 
Jalan yang dibersihkan ini memang masih menjadi kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian PUPR. 
 
 
"Kegiatan pembersihan bahu jalan dari rumput dan sampah ini sudah berlangsung lebih dari seminggu. Pekerjanya berasal dari lingkungan sekitar. Ini juga memberikan lapangan kerja bagi masyarakat," terang Dudung kepada radarkuningan.com.
 
Dudung melanjutkan, jalan Garatengah sampai Tugu Sajati Ancaran masuk jalan nasional. Sehingga kebersihannya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.
 
"Panjang jalan nasional di jalan lingkar timur ini 7 kilometer lebih. Jika rumputnya tidak dibersihkan, tentu tidak enak dipandang mata," sebut Dudung, Jumat 3 Maret 2023. 
 
 
Namun Dudung menyesalkan perilaku masyarakat dan pengguna jalan yang suka membuang sampah di sepanjang jalintim.
 
Padahal sampah-sampah tersebut mengganggu keindahan jalan nasional yang harus selalu dalam kondisi bersih.
 
Karena itu, Dudung mengimbau kepada pengguna jalan untuk tidak membuang sampah ketika melintas di ruas jalan tersebut.
 
 
Apalagi membuang aneka jenis sampah ke pinggir jalan. Termasuk juga imbauan kepada mobil truk pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup. 
 
"Kami meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup supaya mobil truk pengangkut sampah dipasang terpal di atasnya. Agar sampah-sampah yang diangkut ke TPSA Ciniru tidak terbawa angin. Kan biayanya tidak terlalu besar untuk membeli terpal," pinta Dudung. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: