Ikan Dewa Cibulan Mati Mendadak, Dikafani dan Dimakamkan

Ikan Dewa Cibulan Mati Mendadak, Dikafani dan Dimakamkan

Ikan Dewa di Objek Wisata Cibulan Kabupaten Kuningan mati mendadak.-M Taufik-radarkuningan.com

Radarkuningan.com, JALAKSANA - Sebanyak 20 ikan dewa mati mendadak di Objek Wisata Cibulan, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Puluhan ikan dewa di Cibulan tersebut mati mendadak dan ditemukan oleh penjaga kolam. Tetapi, belum diketahui penyebab kematian tersebut.

Menariknya, ikan dewa di Cibulan tersebut dimakamkan dan sebelumnya dikafani. Hal ini sudah menjadi kebiasaan warga setempat.

Kuwu Desa Manis Kidul, Sudirman mengatakan, kebiasaan warga setempat, bila ada ikan dewa mati memang dikafani. Hal ini karena menghormati leluhur.

BACA JUGA:Harga Sewa Lapak Pameran Pembangunan di Kuningan Dipatok Rp10 Juta

"Ikan dewa itu warisan leluhur, jadi punya nilai sejarah. Sehingga ini sudah jadi kebiasaan dan kearifan lokal," katanya, kepada radarkuningan.com, Rabu, 31, Agustus 2022.

Terkait dengan penyebab kematian, kuwu mengaku masih menunggu hasil pemeriksaan di laboratorium yang ada di Kota Cirebon.

Menurut dia, ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab ikan dewa di Cibulan mati. Karenanya, salah satu ikan telah dibawa ke laboratorium di Kota Cirebon untuk diteliti.

“Ada sampel ikan yang dicek ke lab. Makanya saya belum bisa menjawab penyebab kematiannya. Apakah akibat air terkontaminasi oleh virus atau racun,” katanya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Kecelakaan Maut Terjadi di Bekasi, Sejumlah Pelajar dan Warga Tewas

Karena itu, pihaknya berharap kepada masyarakat agar tidak mudah memberikan opini yang belum jelas. Lebih baik menunggu hasil dari pemeriksaan di laboratorium.

“Apapun yang terjadi, dari pemerintah desa telah mempercayakan ke pihak pengelola berusaha mencari solusinya,” tutur dia.

Apalagi, ikan yang mati tersebut ukurannya antara 4-5 kilogram atau termasuk dewasa.

Diberitakan sebelumnya, ikan dewa mendadak mati di Objek Wisata Cibulan, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Selasa malam, 30, Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: