Wagub Jabar: Alhamdulillah, di Kabupaten Kuningan Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

Wagub Jabar: Alhamdulillah, di Kabupaten Kuningan Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

Wagub Jabar dan Bupati Kuningan hadir usai mengikuti Apel Kebangsaan, dalam kesempatan tersebut menyebutkan desa tertinggal di Kabupaten Kuningan sudah tidak ada lagi.-Ist-Radar Kuningan

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum hadir dalam acara Apel Kebangsaan bersama unsur Forkofimda Kabupaten KUNINGAN.

Dalam Apel Kebangsaan tersebut, Wagub Jabar hadir di depan ribuan Kepala Desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kuningan.

Pada kesempatan itu, Wagub Jabar mengatakan, pembangunan daerah yang berkelanjutan adalah kunci dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, maju dan mandiri. 

Wagub Jabar merasa bangga atas keberhasilan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuningan yang berhasil menurunkan angka desa tertinggal.

BACA JUGA:Ribuan Inovator TTG Nusantara, Berkumpul di Kota Cirebon

"Status desa tertinggal di Kabupaten Kuningan kini tak ada lagi, Alhamdulillah, saya merasa bangga sebagai Pimpinan di Jawa Barat, bahwa di Kabupaten Kuningan sudah tidak ada lagi desa tertinggal,” kata Wagub Jabar.

Uu berharap, Apdesi bisa turut serta mendorong potensi desa yang merupakan corong dari desa itu sendiri.

"Apdesi tugasnya mengawal kinerja kepala desa itu sendiri," kata Uu.

Selain itu, Uu mengapresiasi Apdesi yang telah menjalankan peran sebagai mediator yang menghubungkan pemerintah desa dan pemerintah provinsi. 

BACA JUGA:Komunitas Relawan Anies di Kuningan Kolaborasi Gelar Doa dan Syukuran

Ia menilai, tata kelola pemerintahan yang baik juga perlu dimiliki setiap desa. Harapannya, dengan manajemen yang baik, desa mampu menjawab tantangan zaman.

Selain itu, APDESI juga harus mampu mengawal dan memastikan bahwa program pemerintah betul-betul dirasakan oleh masyarakat. 

Kepada kepala desa, Uu berpesan agar mereka bisa memaksimalkan peran BUMDes dalam pembangunan di wilayahnya, termasuk untuk menurunkan angka kemiskinan di desa.

Dalam Apel Kebangsaan tersebut, sedikitnya 3.000 kepala desa se Kabupaten Kuningan hadir di Pandapa Paramarta Kompleks Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan, Sabtu 15 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: