Kisah Wali Songo! Miliki Banyak Kesaktian, Sunan Kalijaga Mampu Berjalan di Atas Air

Kisah Wali Songo! Miliki Banyak Kesaktian, Sunan Kalijaga Mampu Berjalan di Atas Air

Ilustrasi. Sunan Kalijaga disebut benyak memiliki kesaktian, diantaranya mampu berjalan di atas air.-Dzulham Fadholi-Radar Cirebon

Dari perkawinan tersebut Aria Teja kemudian memiliki putra bernama Aria Wilatikta. 

Catatan Babad Tuban ini diperkuat juga dengan catatan masyhur penulis dan bendahara Portugis Tome Pires (1468 - 1540).

Menurut catatan Tome Pires, penguasa Tuban pada tahun 1400M adalah cucu dari peguasa Islam pertama di Tuban yakni Aria Wilakita, dan Sunan Kalijaga atau Raden Mas Said adalah putra Aria Wilatikta. 

BACA JUGA:KISAH WALI SONGO! Jadi Murid Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga Sempat Menetap di Cirebon

Adapun pendapat yang kedua, Sunan Kalijaga adalah keturunan arab. Pendapat kedua ini disebut-sebut berdasarkan keterangan penasehat khusus Pemerintah Kolonial Belanda, Van Den Berg (1845 – 1927).

Bahkan dalam pendapat kedua ini menyatakan, Sunan Kalijaga adalah keturunan Arab yang silsilahnya sampai ke Rasulullah. 

Sejarawan lain seperti De Graaf juga menilai bahwa Aria Teja I ('Abdul Rahman) memiliki silsilah dengan Ibnu Abbas, sepupu Rasulullah.

Sunan Kalijaga diperkirakan lahir pada tahun 1450 dengan nama Santi Kusumo. Dia adalah putra empu Santi badra dan kakeknya bernama Badranala dan buyutnya bernama Maladresmi raja lasem yang bergelar Rajasawardana. 

Nama lain Sunan Kalijaga antara lain Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman. 

BACA JUGA:KISAH WALI SONGO! Sunan Kalijaga Populer Disebut Ki Dalang Bengkok, Ikut Merancang Masjid Agung Cirebon

Sunan Kalijaga adalah adik dari Dan Mpu Awang (Santi Puspo atau Sayid Abubakar). Sunan Kalijaga adalah anak terakhir dari sepuluh bersaudara.

Ketika wafat, ia dimakamkan di Desa Kadilangu, dekat kota Demak (Bintara). Makam ini hingga sekarang masih ramai diziarahi orang-orang dari seluruh Indonesia. 

Menurut beberapa kisah yang diceritakan dari mulut ke mulut, konon Sunan Kalijaga memiliki beberapa kesaktian. Diantaranya:

Bisa Menghilang 

Sunan Kalijaga kabarnya memiliki banyak ilmu atau ajian. Ajian yang konon dimiliki Sunan Kalijaga adalah ajian waringin sungsang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: