Demi Keindahan, Tahun Depan Dishub Pasang PJU Tematik

Demi Keindahan, Tahun Depan Dishub Pasang PJU Tematik

Kepala Dinas Perhubungan Kuningan, Muhammad Mutofid. (Istimewa)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Program besar di tahun 2023 guna mendukung visi dan misi Bupati Acep Purnama, sudah disiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuningan. Bahkan program yang diberi nama Kuningan Caang itu sudah dilaunching oleh Dishub beberapa waktu lalu.

Tak tanggung-tanggung, Dishub berambisi memasang 25 ribu titik lampu penerangan jalan umum (PJU) di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan.

 
Kepala Dishub Kuningan, Muhammad Mutofid mengatakan, pihaknya terus bekerja keras untuk menggolkan program Kuningan Caang. Terutama dari sektor anggaran yang cukup besar.
 
 
Salah satunya dengan melakukan lobi ke pemerintan provinsi dan pusat. Apalagi anggaran yang dibutuhkan sangat besar mencapai puluhan miliar.
 
"Program Kuningan Caang ini akan dimulai tahun depan. Kami sudah mematok angka 25 ribu titik PJU di seluruh Kuningan. Nantinya PJU menggunakan LED. Kemudian di sepanjang Jalan Siliwangi dan jalan menuju objek wisata akan dipasang PJU Tematik. Jika nanti PJU Tematik sudah dipasang, akan menambah keindahan," jelas Mutofid, Selasa 6 Desember 2022.
 
 
Lampu PJU ini juga akan dipasang di jalan penghubung antar desa, kecamatan dan kabupaten. Di jalan penghubung antar desa yang masuk poros jalan kabupaten, bisa dipasang 5 sampai 10 titik PJU, tergantung jarak antar desa itu sendiru. "Karena itu, masyarakat diminta untuk tenang sampai program Kuningan Caang ini dimulai tahun depan," ujarnya.
 
Disamping akan memasang puluhan ribu titik PJU, Dishub juga sudah menyiapkan pembangunan tugu Kuningan Caang. Untuk tugu sendiri bupati meminta dibangun di Desa Cikadu. Hanya saja untuk titik lokasi pembangunan tugu belum sepenuhnya fix, masih memverifikasi lokasi yang tepat. Pihaknya tidak terburu buru nenentukan tempatnya.
 
 
"Ya kami sudah merencanakan pembangunan tugu. Di bundaran Cijoho sudah ada tugu bokor berwarna emas, ada Tugu Ikan di Sampora, kemudian Tugu Sajati di Ancaran. Nah untuk Tugu Kuningan Caang, sedang dipikirkan untuk dibangun di lokasi strategis. Supaya bisa dilihat langsung oleh masyarakat dan menjadi ikon Kuningan nantinya," kata Mutofid.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: