Tak Diminati PDAU, Disporapar Siap Kelola Linggarjati Park

Tak Diminati PDAU, Disporapar Siap Kelola Linggarjati Park

Kondisi pintu gerbang menuju objek wisata Linggarjati Park nampak merana karena objek wisata itu tutup sejak lama. (muhammad taufik) --

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Kawasan wisata Linggarjati Park kondisinya memang sangat memprihatinkan. Objek wisata di masa jayanya menjadi pendulang pendapatan daerah bagi Kabupaten Kuningan itu, saat ini benar benar terbengkalai dan tak terurus.

Rumput  Ilallang setinggi dada orang dewasa nampak memenuhi hampir seluruh area objek wisata. Padahal dulu, saban libur akhir pekan, wisatawan berdatangan ke lokasi ini.

BACA JUGA:Imbas Video Uka-uka di Medos, TWA Linggarjati Sepi Pengunjung

Pemkab Kuningan sendiri pasca putus kontrak dengan pengelola sebelumnya, memilih menyerahkan pengelolaan Linggarjati Indah ke PDAU. Ketika libur Lebaran, Linggarjati Indah yang berganti nama dengan Linggarjati Park sempat buka selama beberapa hari.
 
Tapi setelah itu kembali tutup. Sayangnya, dipilihnya Direktur PDAU yang baru menggantikan direktur sebelumnya yang mengundurkan diri, tak tertarik untuk mengelola Linggarjati Pak.
 
 
Mendengar kabar itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kuningan, Toto Toharudin mengaku jika instansinya tertarik mengelolanya. Syaratnya, ada perintah atau instruksi dari Bupati Acep. Terlebih lokasi Linggarjati Pak tak terlalu jauh Open Space Gallery (OSG) Linggarjati yang dikelola Disporapar. 
 
"Soal Linggarjati baru saya dengar jika tidak dikelola PDAU. Tahunya di bawah PDAU selepas putus kontrak dengan Ayong. Tapi jika PDAU tidak mau mengelola, ya Disporapar sangat siap. Namun tentunya harus ada izin dan pertintah dari pak bupati. Tak mungkin Disporapar langsung turun langsung tanpa instruksi dari beliau," ujar Toto kepada radarkuningan.com, Senin 5 Desember 2022. 
 
 
Sebelumnya, Direktur PDAU, Heni Susilawati saat dikonfirmasi membantah tempat wisata Linggarjati Park masuk dalam pengelolaan perusahaan daerah yang dia pimpin. Kalaupun pernah itu terjadi pada saat kepemimpinan PDAU Kuningan dipegang oleh direktur sebelumnya.

"Mungkin pada saat direktur PDAU dipegang oleh sebelum saya, objek wisata tersebut sempat dikelola dengan sistem sewa. Nah, mungkin masa sewanya sudah habis kemudian tidak diperpanjang. Yang jelas sejak saya menduduki jabatan direktur PDAU, objek wisata Linggarjati Park tidak termasuk dalam pengelolaan kami," ujar Heni yang baru menduduki jabatan Direktur PDAU Kuningan pada bulan Juli lalu.
 
BACA JUGA:Dua Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga

Heni menegaskan, hingga saat ini pihaknya masih fokus mengelola tujuh objek wisata yang ada di Kabupaten Kuningan yaitu Waduk Darma, Balong Dalem, Leuweung Monyet Cibeureum, Cipaniis, Balong Cigugur dan Talaga Remis. Menurut Heni, tujuh objek wisata tersebut pun saat ini masih banyak yang harus dibenahi dan perlu penanganan serius.

"Kami saat ini masih fokus menggarap tujuh objek wisata tersebut, yang menurut saya masih banyak yang harus dibenahi. Terkait objek wisata Linggarjati Park, mungkin akan lebih tepat ditanyakan langsung ke pemerintah daerah atau Disporapar," ujar Heni. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: