CATAT, 3 Kecamatan di Kuningan Ini TERNYATA Jumlah Perempuannya Lebih Banyak

CATAT, 3 Kecamatan di Kuningan Ini TERNYATA Jumlah Perempuannya Lebih Banyak

Tiga kecamatan di Kabupaten Kuningan ternyata jumlah penduduk perempuan lebih banyak dibanding laki laki berdasarkan data BPS Kuningan. (Istimewa)--

RADARKUNINGAN.COM, KUNINGAN- Penduduk Kabupaten Kuningan setiap tahunnya terus bertambah. Penyebab bertambahnya jumlah penduduk karena angka kelahiran mengalami kenaikan, meski pemerintah daerah menggencarkan program Keluarga Berencana (KB). Bahkan sekarang di setiap kecamatan di Kabupaten Kuningan berdiri kampung KB. 

Selain faktor tingkat kelahiran, pertambahan penduduk juga diakibatkan melonjaknya jumlah warga pendatang. Meski tidak semuanya beralih menjadi warga Kabupaten Kuningan, namun banyak juga warga pendatang yang akhirnya berganti kartu identitas diri atau KTP.
 
 
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kuningan, terdapat lonjakan jumlah penduduk di beberapa kecamatan dalam kurun waktu 2015, 2016 dan 2020. Ternyata dari total 32 kecamatan, ada kecamatan yang jumlah penduduk perempuan lebih banyak dari laki-laki. 
 
Di tahun 2015, jumlah penduduk Kuningan sebanyak 1.055.417. Komposisinya, penduduk laki laki 530.573 jiwa dan perempuan tercatat sebanyak 524.482. Setahun berikutnya angka ini berubah. Di tahun 2016, total jumlah penduduk mencapai 1.061.886 jiwa. Rinciannya, laki-laki 533.873 dan perempuan 528.013. 
 
 
Angka pertumbuhan penduduk terus mengalami kenaikan di tahun 2020. Menurut hasil sensus penduduk, jumlah penduduk Kabupaten Kuningan berjenis kelamin laki-laki lebih banyak dari perempuan. Totalnya ada 599.016 orang. Sedangkan jumlah penduduk perempuan tercatat 575.677 jiwa. Secara keseluruhan jumlah penduduk Kabupaten Kuningan di tahun 2022 yakni 1.167. 686 jiwa.
 
Menariknya, ada lima kecamatan di Kabupaten Kuningan yang jumlah penduduk perempuannya lebih banyak dari paki laki. Berikut lima kecamatan tersebut.
 
 
1. Kecamatan Darma
Jumlah penduduk Kecamatan Darma cukup banyak. Kecamatan yang dalam masa Pemilu masuk dalam Daerah Pemilihan (Dapil) Kuningan V ini memiliki penduduk sebanyak 53.503 jiwa di tahun 2020. Jumlah penduduk laki-laki 21.199 dan penduduk perempuan sebanyak 26.304. 
 
Profesi penduduk Kecamatan Darma juga beragam. Namun mayoritas adalah petani. Disusul kemudian peternak, wiraswasta, pegawai pemerintah dan pekerjaan lainnya.
 
2. Kecamatan Mandirancan
Wilayah Kecamatan Mandirancan berada di utara Kuningan. Desa di kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon. Kecamatan Mandirancan termasuk salahsatu wilayah yang masuk Dapil Kuningan II di setiap Pemilu. 
 
Sama seperti penduduk Kuningan lainnya, mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Jumlah penduduk perempuan di Kecamatan Mandirancan ternyata lebih banyak perempuan. Perbandingannya, jumlah laki laki 11.955 sedangkan penduduk perempuan 12.143.
 
 
3. Kecamatan Cilebak
Geografis Kecamatan Cilebak berada di ujung selatan Kabupaten Kuningan. Bersama Kecamatan Subang, Selajambe, Darma, Nusaherang, dan Kadugede, Kecamatan Cilebak masuk Dapil Kuningan II. Jumlah penduduk Kecamatan Cilebak termasuk paling sedikit di Kabupaten Kuningan.
 
Jumlah total penduduk Kecamatan Cilebak sebanyak 11.429 jiwa. Namun jumlah penduduk perempuan lebih banyak dari laki laki. Dari hasil sensus BPS tahun 2020, jumlah laki laki di kecamatan ini sebanyak 5.687 dan jumlah penduduk perempuan 5.742. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: