Di Pemkab Kuningan, Puluhan Pejabat Pelaksana Tugas Berjaya

Di Pemkab Kuningan, Puluhan Pejabat Pelaksana Tugas Berjaya

Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan Karir BKPSDM Kuningan, Saepul Bahri. (Agus Sugiarto)--

RADARKUNINGAN.COM, KUNINGAN- Kekosongan jabatan melanda Pemkab Kuningan. Tak hanya Eselon II, sejumlah jabatan camat, sekretaris dinas, kepala bidang juga dalam posisi dijalankan oleh pejabat pelaksana tugas atau Plt.

Pejabat sebelumnya ada yang pensiun dan meninggal dunia.

Untuk Eselon II, dua jabatan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam posisi kosong.
 
Kedua SKPD yang kosong itu yakni Kepala BKPSDM, Kepala DPUTR dan 
Bupati Acep Purnama sudah menunjuk pejabat pelaksana tugas di dua SKPD tersebut. 
 
 
Informasi yang diperoleh radarkuningan.com, terdapat 22 jabatan struktural Eselon IIIa dan IIIb yang sampai saat ini kosong.
 
Dan untuk kecamatan, ada lima yang sekarang dijabat Plt. Yakni Camat Kuningan, Lebakwangi, Ciwaru, Hantara dan Luragung. 
 
Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan Karir pada BKPSDM, Saepul Bahri membenarkan terjadinya kekosongan jabatan di level Eselon II dan III.
 
Namun Saepul tidak bisa memastikan kapan posisi yang kosong itu akan diisi penggantinya. 
 
 
Sebab hingga saat ini belum ada instruksi dari atasannya untuk melakukan pembahasan. Karena itu, pihaknya belum melakukan persiapan. Pejabat Eselon II sendiri sudah mengikuti uji kompetensi yang digelar BKPSDM Kuningan pada bulan Januari lalu.
 
"Ya ada beberapa dinas atau SKPD yang kosong. Eselon II sebanyak dua pejabat. Dan untuk pejabat struktural Eselon III, jumlahnya ada 22 yang kosong. Sekarang yang kosong dijabat oleh Plt," jelas Saepul, Sabtu 11 Februari 2023. 
 
 
Saepul juga mengungkapkan bahwa ada lima kecamatan yang dalam kondisi jabatan camat dipegang oleh Plt. Kelima kecamatan itu adalah Kuningan, Lebakwangi, Hantara, Ciwaru dan Luragung.
 
"Terpaksa untuk sementara dijabat Plt sambil menunggu calon camat defenitifnya," katanya.
 
Sedangkan untuk pejabat Eselon II yang akan pensiun di tahun ini ada satu orang. Yaitu Kepala DPMPTSP yang akan purna bakti bulan September mendatang.
 
 
"Pak kepala DPMPTSP pensiun per 1 September 2023. Setelah itu, tak ada lagi pejabat Eselon II yang pensiun hingga awal tahun 2025," sebut Saepul. 
 
Ditanya kapan rotasi dan mutasi akan digelar untuk mengisi kekosongan, Saepul hanya menggelengkan kepala. Pihaknya sampai hari ini belum mendapat instruksi untuk melakukan pembahasan.
 
"Belum tahu kapan (rotasi) dilaksanakan. Masih menunggu instruksi dari pak bupati," jawabnya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: