Bawa Keranda, Ratusan Warga Karangbaru, Kuningan Demo Tuntut Mundur Kepala Desa

Bawa Keranda, Ratusan Warga Karangbaru, Kuningan Demo Tuntut Mundur Kepala Desa

Warga Desa Karangbaru ancam akan demo lebih besar jika tuntutan kepala desa mereka mundur tidak dikabulkan.-Dok-Radar Kuningan

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Gejolak  Desa Karangbaru, Kecamatan Ciwaru, Kuningan, terus berlanjut. Hari ini, Selasa 14 Februari 2023, ratusan warga Karangbaru mengontrog kantor balai desa.

Tuntutannya meminta sang kepala desa untuk mundur dari jabatannya.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan ratusab warga Karangbaru berlangsung sejak pukul 10.00. Warga setempat langsung mendatangi kantor Pemdes Karangbaru dengan membawa keranda.
 
 
Orasi dari pemimpin aksi terdengar nyaring. Petugas kepolisian dari Polsek Ciwaru melakukan pengamanan di halaman balai desa 
 
Dalam tuntutannya, warga meminta agar kepala desa turun dari jabatannya karena diduga melakukan penyimpangan. Termasuk juga menuntut kejelasan kelanjutan pencatutan nama warga oleh oknum perangkat desa guna diajukan pinjaman ke bank emok.
 
 
"Kami melakukan aksi unjuk rasa ke balai desa menuntut kepala desa untuk mundur dari jabatannya. Kinerja kepala desa sudah tidak sesuai dengan keinginan masyarakat," tegas sejumlah warga.
 
Dalam aksi itu, warga membawa keranda sebagai simbol sudah matinya keoercayaan masyarakat Karangbaru kepada kepala desanya. Bahkan salah seorang warga yang ikut demo naik ke atas keranda dan digotong rekan rekannya. 
 
 
Sempat terdengar larangan yang meminta pria berkaos kelir putih dan merah untuk turun dari keranda.
 
"Ayo turun, pamali," teriak warga mengingatkan rekannya tersebut. 
 
Selanjutnya pihak perwakilan warga masuk ke dalam balai desa untuk proses mediasi. Di dalam ruangan, sudah ada perwakilan dari Kecamatan Ciwaru dan juga Polsek Ciwaru. Sampai berita ini ditulis, proses mediasi masih berjalan alot. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: