Jembatan Cirombeng Putus Akibat Pondasi Ambrol, Desa Jabranti Kuningan Terisolir

Jembatan Cirombeng Putus Akibat Pondasi Ambrol, Desa Jabranti Kuningan Terisolir

Jembatan Cirombeng di Desa Jabranti, Kuningan ambruk akibat hujan deras, Sabtu petang 8 April 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Musibah bencana alam seperti tak pernah hilang di Kabupaten Kuningan. Sabtu sore 8 April 2023 sekitar pukul 18.00, jembatan Cirombeng, satu-satunya jalan akses masuk ke Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan mendadak putus terbawa derasnya aliran sungai.

Terang saja ambruknya jembatan permanen tersebut menyebabkan warga Jabranti terisolir. Warga setempat kesulitan untuk keluar desa lantaran jembatan itu merupakan satu-satunya akses menuju desa tersebut. Alhasil warga tidak bisa melakukan aktivitasnya ke luar desa 
 
 
Waska Eko, salah seorang warga asal Dusun Banjar Kedaton, Desa Jabranti membenarkan kejadian putusnya jembatan Cirombeng. Eko mengatakan, hujan deras yang mengguyur desanya berakibat terhadap pondasi jembatan. Sebab, luapan air sungai ditambah derasnya curah hujan membuat pondasi jembatan ambrol.
 
"Kejadiannya sangat cepat. Saat hujan deras, tiba-tiba warga dikejutkan dengan suara berderak disusul ambrolnya pondasi jembatan Cirombeng. Badan jembatan patah menjadi dua, dan kendaraan baik roda dua maupun empat tidak bisa melintas. Jembatan ini satu-satunya akses masuk ke desa kami," ujar Waska Eko. 
 
 
Kepala Desa Jabranti, Taska mengatakan, jembatan Cirombeng sudah tidak bisa dilalui lantaran tergerus aliran sungai. Pihaknya saat ini sedang melakukan evakuasi anak anak yang akan menuju ke desa.
 
"Jembatan putus sekitar pukul 17.00 akibat hujan deras. Kami sedang mengevakuasi warga untuk melintasi jenbatan yang putus," sebut Kades Taska.
 
 
Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana mengaku sudah mendapat laporan musibah ambrolnya jembatan di Desa Jabranti.
 
"Kami sudah mendapat laporan kejadian ini dari Pak Kepala Desa Jabranti. Kondisi jembatan benar-benar putus membuat warga Jabranti terisolir," terang Ibe, panggilan akrab Indra Bayu, Sabtu malam 8 April 2023.
 
 
Ibe menjekaskan, rencananya hari Minggu 9 April 2023, pihaknya bersama Kabid Bina Marga Dinas PUTR akan ke Desa Jabranti untik melihat kondisi jembatan. Selain itu, juga akan dibangun jembatan darurat agar warga Jabranti bisa kembali beraktivitas.
 
"Untuk sementara akan dibangun jembatan darurat. Bahannya bisa dari bambu atau kayu. Yang terpenting adalah membuka akses jalan agar warga Jabranti tidak terisolir. Pak Bupati juga akan meninjau ke lokasi hari Minggu. Kami saat ini terus berkoordinasi dengan Pemdes Jabranti," ungkap Ibe. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: