Pabrik Krupuk di Desa Jagara Kuningan Ludes Terbakar, Pemilik Rugi Ratusan Juta Rupiah

Pabrik Krupuk di Desa Jagara Kuningan Ludes Terbakar, Pemilik Rugi Ratusan Juta Rupiah

Akibat lupa memadamkan tungku pembakaran, sebuah pabrik penggorengan krupuk di Blok Cimulya, Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kuningan, Jumat dinihari 23 Juni 2023 sekitar pukul 01.20.,--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Akibat lupa memadamkan tungku pembakaran, sebuah pabrik penggorengan krupuk di Blok Cimulya, Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kuningan musnah terbakar, Jumat dinihari sekitar pukul 01.30.
 
Akibat kejadian ini, pemilik pabrik krupuk, Solihin mengalami kerugian sebesar Rp121.350.000. Imbas dari pabriknya terbakar, untik sementara Solihin menghentikan usahanya.
 
 
 
Kepala Desa Jagara, Kecamatan Darma, Umat Hidayat menerangkan, peristiwa kebakaran yang menghanguskan pabrik krupuk tersebut terjadi saat warga sedang terlelap tidur.
 
Api kali pertama terlihat oleh Solihin, pemilik pabrik yang hendak ke pasar. Saat itu, Solihin seperti biasa berangkat ke pasar dinihari untuk belanja bahan mentah. 
 
"Ketika kejadian, Pak Solihin berniat ke pasar untuk belanja bahan mentah guna keperluan usahanya. Saat melintas di depan pabriknya, saksi melihat nyala api di bagian atas pabriknya.  Sontak saksi berteriak kebakaran dan meminta pertolongan warga," jelas Umar Hidayat 
 
 
 
Mendengar teriakan kebakaran, warga kemudian berhamburan menuju lokasi. Upaya memadamkan api dilakukan warga menggunakan peralatan seadanya.
 
"Nyala api cepat membesar dan merembet ke bagian pabrik lainnya. Meski sudah berusaha dipadamkan namun karena hanya menggunakan peralatan seadanya, maka kurang maksimal," kata Umar.
 
Sekitar pukul 02.20, tetangga korban, Dani Arianto menghubungi UPT Damkar Kuningan untuk meminta bantuan. Petugas yang mendapat laporan langsung menuju lokasi kebakaran.
 
UPT Damkar mengirimkan 5 personil anggota piket regu 2 dan 1 randis KR 4 dan tiba pukul 02.35 WIB. Setelah satu jam lebih, petugas Damkar dibantu warga bekerja keras, akhirnya si jago merah berhasil dikendalikan.
 
 
 
Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi mengatakan, pihaknya mengerahkan lima personil dan satu unit mobil pemadam berusaha untuk menjinakan api.
 
"Dibantu warga dan petugas keamanan, pemadaman api berlangsung hampir satu jam. Alhamdulillah anggota regu pemadam kebakaran tidak ada yang cedera. Api berhasil dipadamkan sekitae pukul 03.35," terang Khadafi, Jumat 23 Juni 2023.
 
Khadafi menyebutkan, dari penelitian dan saksi saksi, kebakaran pabrik penggorengan krupuk tersebut akibat pemiliknya lupa memadamkan tungku sehari sebelumnya.
 
 
 
Dugaan sementara sumber kebakaran berasal dari bara api di tungku sisa pembakaran serta memasak kerupuk kemaren sore yang merambat ke bangunan semi permanen.
 
"Apalagi bahan bangunan dari bilik bambu mempercepat proses kebakaran dan beruntung tidak ada korban jiwa dan tidak merembet kebangunan lain. Pemilik pabrik mengalami kerugian totalnya mencapai Rp121.350.000," ungkap Khadafi. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: