Hari ke 4 Kebakaran Gunung Ciremai, Tim Gabungan Siaga di Blok Batu Sepur Pasawahan, Kuningan

Hari ke 4 Kebakaran Gunung Ciremai, Tim Gabungan Siaga di Blok Batu Sepur Pasawahan, Kuningan

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana. (Bubud Sihabudin)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) wilayah administratif Kabupaten Kuningan, memasuki hari ke 4. Api yang sempat dilaporkan padam, kembali muncul dari blok lainnya. 

Ini setelah petugas gabungan melakukan patroli di kawasan tersebut. Petugas kembali menemukan titik api di Blok Baru Sepur, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Senin 28 Agustus 2023, 

BACA JUGA:Puncak Event bLU cRU Yamaha Sunday Race, Jadi Magnet Perhatian di Mandalika

Dari pantauan drone yang diterbangkan BTNGC pada Senin 28 Agustus 2023 pukul 16.00, tampak api dan kepulan asap yang membesar. 

Api mengarah ke kaki gunung atau beberapa ratus meter dati objek wisata Batu Sepur, jalan Desa Pasawahan menuju Padabeunghar.

Kebakaran di kawasan Batu Sepur mengakibatkan beberapa bangunan berupa gazebo atau saung dilalap si jago merah.

Upaya pemadaman terus dilakukan oleh tim gabungan dibantu relawan dan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi Calon Direktur PAM Tirta Kamuning, Pengamat: Terkesan Basa Basi, Sebaiknya Tunjuk Langsung

Tak hanya itu, petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, BTNGC, UPT Damkar Satpol PP, relawan dan masyarakat bersiaga di sejumlah pos statis.

Bahkan para personil dimobilisasi menuju lokasi kebakaran hutan dan lahan setiap kali menerima laporan munculnya api dari kawasan TNGC 

Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana menerangkan, total luas lahan yang terbakar berdasarkan data sementara mencapai 125 hektare.

BACA JUGA:Beras dan Cabai Rawit Naik Harga, Ini Harga Komoditas Bahan Pokok di Pasar Tradisional Kuningan

"Luas kebakaran yang terdata sementara mencapai 125 hektare. Itu sampai Minggu malam 27 Agustus 2023.

Kemungkinan angka ini bertambah mengingat ada lahan yang masih belum padam," kata Indra Bayu, Senin 28 Agustus 2023 di Pasawahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: