Rencana Pembangunan Jalan Tol Cirebon - Kuningan, Lanjut ke Ciamis, Tersambung Tol Getaci

Rencana Pembangunan Jalan Tol Cirebon - Kuningan, Lanjut ke Ciamis, Tersambung Tol Getaci

Pembangunan Jalan Tol Cirebon Kuningan yang akan tersambung sampai Ciamis via Tol Getaci. Foto hanya ilustrasi. -BPJT-radarkuningan.com

CIREBON, RADARKUNINGAN.COM – Rencana pembangunan Jalan Tol CIREBON Kuningan akan dilakukan dalam 2 tahap dengan masing-masing fase yakni 28 kilometer dan 58 kilometer. 

Jalan Tol Cirebon Kuningan ini, nantinya akan dibangun di sebelah barat jalan raya nasional yang melintasi kawasan Gronggong - Beber. 

Titik awal pembangunan jalan tol ini adalah kawasan Ciperna, Kabupaten Cirebon. Sepanjang 28 kilometer ruas jalan tersebut nantinya akan tersambung sampai ke Linggarjati lalu ke Cigadung.

Dengan rencana realisasi pada 2030 - 2034. Kemudian diteruskan tahap berikutnya sepanjang 58 kilometer yakni sampai ke Kabupaten Ciamis pada tahun 2034 - 2039.

BACA JUGA:Sekda Dian Berpeluang Ditunjuk Pj Bupati Kuningan, Pesaingnya, Iwan Kurniawan Dilantik Jadi Pj Bupati Lebak

Nantinya kawasan selatan Jawa Barat dan utara akan tersambung via Jalan Tol Cirebon - Kuningan - Ciamis yang terhubung ke Jalan Tol Getaci.

Kendari waktu pelaksanaannya terbilang masih lama, tetapi banyak desakan agar dilakukan percepatan karena kebutuhan mobilitas masyarakat. 

Salah satunya, Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdi. Menurut dia, jalan tol ini akan sangat vital bagi Provinsi Jawa Barat. Karenanya, dia mendesak pembangunan segera dilakukan.

"Ini akan meningkatkan lalu kibras antara Jawa Barat Utara dan Selatan. Sektor pariwisata akan sangat luar biasa," kata dia.

BACA JUGA:Selain Jalan Baru Ada Rencana Tol Cirebon Kuningan Sepanjang 28 Kilometer, Keluar Sudah di Tempat Ini

Tidak hanya itu, pergerakan barang juga menjadi lebih mudah antara wilayah utara dan selatan dengan adanya ruas jalan tol ini.

Merujuk pada rencana yang telah dirancang oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), proyek ini diawali dengan pembangunan ruas jalan dari Ciperna dan akan menggunakan jalur e barat.

Dengan demikian, bagian jalan ini akan melewati daerah lereng Gunung Ciremai dan melalui Kecamatan Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, dan berlanjut menuju Cigadung.

Kemudian untuk tol Kuningan – Tasikmalaya, perencanaan rancangan Tol ini akan melewati daerah Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Sukamukti, Cigugur, Kadugede, Darma, Cikijing Majalengka serta wilayah Kabupaten Ciamis dan berakhir di Tol Getaci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: