Dukungan untuk Pembangunan Tol Kuningan-Cirebon, Ini Wilayah Kuningan yang Akan Dilintasi Jalan Tol

Dukungan untuk Pembangunan Tol Kuningan-Cirebon, Ini Wilayah Kuningan yang Akan Dilintasi Jalan Tol

Ruas jalan nasional Kuningan-Cirebon sering macet terutama di jam sibuk sehingga diperlukan Jalan Tol Kuningan-Cirebon. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 367/KPTS/M/2023 yang diterbitkan pada tanggal 17 Maret 2023, diatur mengenai perencanaan jaringan jalan nasional tahun 2020-2040, termasuk di dalamnya jalan tol dan jalan non tol.

Secara khusus, Jalan Tol Cirebon - Kuningan dijadwalkan akan dibangun sepanjang 28 kilometer. Dimulai dari Ciperna hingga wilayah Kabupaten Kuningan.

Berdasarkan dokumen tersebut, rencana pembangunan jalan tol ini dijadwalkan berlangsung antara tahun 2030 hingga 2034. 

Selanjutnya, ada proyek pembangunan Jalan Tol Kuningan - Tasikmalaya dengan panjang 58 kilometer yang dijadwalkan akan dibangun dalam periode antara tahun 2035 hingga 2039.

BACA JUGA:Sudah Ada Tol, Bandara Kertajati Masih Disebut Jauh, Pj Gubernur: Bandingkan dengan Bandara Soetta

Bupati Kuningan, H Acep Purnama sangat mendukung rencana pembangunan Jalan Tol Kuningan-Cirebon maupun Jalan Tol Cirebon-Kuningan-Ciamis.

Sebab keberadaan jalan tol akan meningkatkan ekonomi daerah dan transportasi serta distribusi barang menjadi lancar.

"Kami (Kuningan) sangat mendukung pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kuningan-Cirebon. Apapun pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Kuningan oleh pemerintah pusat, kami sangat terbuka," kata Bupati Acep beberapa waktu lalu 

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Kuningan, I Putu Bagiasna mengatakan, pembangunan Jalan Tol Kuningan-Cirebon, Kuningan-Ciamis sudah masuk dalam RTRW Jawa Barat.

BACA JUGA:Kenapa Semangka Jadi Simbol Palestina, Ternyata Sudah Digunakan Sejak 1960

Putu yakin pembangunan Jalan Tol Kuningan-Cirebon akan terwujud di masa mendatang.  Dukungan keberadaan Tol Kuningan-Cirebon juga datang dari pengusaha beken Kuningan, H Rokhmat Ardiyan.

Alasannya, kehadiran jalan tol akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah yang dilewatinya.

"Saya sangat mendukung sekali rencana pemerintah pusat membangun jalan Tol Kuningan. Jika memungkinkan, tolong disegerakan karena akan sangat bermanfaat bagi masyarakat," kata CEO Puspita Cipta Group, H Rokhmat Ardiyan.

Pemilik SPBU dan SPBE itu melihat, pertumbuhan ekonomi terutama lalulintas barang akan semakin mudah jika sudah ada jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: