Rachmat Irianto dan Bejo Sugiantoro 'Tiasa Sunda', Belajar dari 'Bobotoh Cantik' dari Kuningan

Rachmat Irianto dan Bejo Sugiantoro 'Tiasa Sunda', Belajar dari 'Bobotoh Cantik' dari Kuningan

Rachmat Irianto dan Bejo Sugiantoro belajar Bahasa Sunda kepada Bobotoh cantik asal Kuningan.-Rachmat Irianto/Ist-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Walau tidak lancar, legenda Persebaya Surabaya Bejo Sugiantoro dan gelandang Persib Bandung, Rachmat Irianto, ternyata bisa atau tiasa berbahasa Sunda.

Bapak-anak yang pesepakbola nasional ini, belajar bahasa Sunda dari Bobotoh Cantik dari Kuningan, Yetty Rachmawati. Yetty adalah isteri dari Bejo Sugiantoro dan ibu kandung Rachmat Irianto.

Yetty, walau tinggal di Surabaya Jawa Timur, tetapi leluhurnya berasal dari Desa Pakembangan, Kecamatan Mandirancan, Kuningan Jawa Barat.

Wanita yang dijuluki “Bobotoh Cantik” dari Kuningan ini masih bisa berbahasa Sunda. Dialah yang menularkan bahasa tersebut kepada Bejo Sugiantoro dan Rachmat Irianto.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Bisa Ramai Kalau Hal Ini Terjadi, Apa Saja?

Bejo Sugiantoro, suatu ketika pernah mengaku “tiasa Sunda” karena banyak belajar dari isterinya, Yetty Rachmawati. 

“Kebetulan istri saya orang Sunda. Jadi saitik-itik abdi ngarti,” kata pria yang akrab dipanggil Bejo, ketika itu.

Mantan asisten pelatih Persebaya Surabaya, ini juga mengaku rajin pulang ke kampung halaman isterinya di Kuningan. Terutama ketika mudik Lebaran Idul Fitri.

Kabupaten Kuningan adalah asal dari mertua Bejo Sugiantoro. Meskipun singkat, Bejo tetap memaksimalkan mudik Lebaran ke Kuningan. Teruatma, dia tak bakal melewatkan kesempatan untuk berwisata kuliner.

BACA JUGA:Namanya Masuk Nominasi 3 Besar Calon Pj Bupati Usulan Ketua DPRD Kuningan, Begini Reaksi Deni Hamdani

Bejo mengaku setiap kali ke Kuningan selalu kangen dengan kudapan nasi Jamblang. Ya, meskipun bukan makanan khas Kabupaten Kuningan, melainkan Cirebon namun Bejo tetap menyukainya.

"Ada salah satu tempat di Cirebon yang menyediakan nasi Jamblang kesukaan saya. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal mertua saya, kira-kira 15 menitan," kata Bejo, suatu ketika.

Sementara awal tahun lalu sempat heboh karena Rachmat Irianto mengunggah status menggunakan bahasa Sunda. Banyak yang meragukan jika gelandang Persib Bandung ini bisa berbahasa Sunda.

Maklum, jika mantan kapten Timnas Indonesia U-19 ini tahunya adalah orang Jawa tulen. Dia lahir, besar hingga menikah di Surabaya, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: