Jalan Tol Akses Patimban, Gerbang Baru untuk Kawasan Indramayu Barat, Selesai September 2024

Jalan Tol Akses Patimban, Gerbang Baru untuk Kawasan Indramayu Barat, Selesai September 2024

Tol Akses Patimban akan menjadi gerbang bagi Pelabuhan Patimban dan wilayah sekitarnya seperti Indramayu Barat, Karawang, Purwakarta dan Subang.-Jasa Marga-radarkuningan.com

INDRAMAYU, RADARKUNINGAN.COM – Jalan Tol Akses Patimban menjadi proyek di Kawasan Aglomerasi Rebana Metropolitan yang menjadi akses baru bagi Kabupaten INDRAMAYU, khususnya di wilayah barat.

Menariknya, Jalan Tol Akses Patimban tidak hanya menjadi penghubung ke Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, tetapi juga menjadi akses alternatif menuju Kabupaten Subang, Purwakarta, Indramayu barat dan Karawang.

Dikutip dari publikasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk bahwa Jalan Tol Akses Patimban dibangun untuk mendukung Pelabuhan Patimban yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional pada tahun 2016.

Akses ini akan menghubungkan dengan Tol Trans Jawa melalui Tol Cikopo Palimanan atau Tol Cipali dengan panjang 37,05 kilometer.

BACA JUGA:Jalan Tol Dekat Indramayu Berharap Guyuran Dana dari JICA, Tol Akses Patimban

Terdapat 10 kecamatan dan 20 desa yang dilalui oleh Tol Akses Patimban yang dimulai dari Desa Sawangan, Kecamaatan Cipendeuy. Di lokasi ini, terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo Palimanan.

Ujung dari Jalan Tol Akses Patimban, berakhir di Desa Pusakaratu, Kecamatan Pusakanagara yang hanya berjarak sekitar 10 kilometer dengan Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu.

Sehingga jalan tol ini selain terhubung dengan Tol Trans Jawa juga terhubung dengan Jalan Raya Nasional Pantura Subang - Indramayu.

Pembangunan akses tol ini akan dilaksanakan oleh pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT.

BACA JUGA:Pengawas Pemilu di Kuningan Harus Netral, Ini Penegasan Bawaslu Kuningan dan Anggota Komisi II DPR RI

Pembangunannya dibagi menjadi 5 seksi yakni Seksi 1 Junction Cipendeuy sampai dengan Simpang Susun Cipendeuy.

Seksi 2 SS Cipendeuy sampai SS Pasir Bungur, Seksi 3 SS Pasir Bungur - SS Tambak Dahan, Seksi 4 SS Tambak Dahan - SS Pusakanagara dan Seksi 5 SS Pusakanagara - Pelabuhan Patimban.

Dari 5 seksi tersebut untuk Seksi 1 sepanjang 2,65 kilometer dan Seksi 2 sepanjang 10,13 kilometer dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol.

Sebagian Seksi 3 sepanjang 845 meter dari Cipendeuy ke Pasir Bungur akan dibangun pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: