Cara Melatih Kucing Agar Tidak Buang Air Sembarangan, Harus Sabar dan Telaten!

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Buang Air Sembarangan, Harus Sabar dan Telaten!

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Buang Air Sembarangan, Harus Sabar dan Telaten!-Halodoc-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM-  Pemilik kucing bukan hanya memberi makan dan minum saja terhadap peliharaannya, namun juga perlu melatih kebiasaan kucing agar tidak buang air sembarangan.

Melatih kucing agar tidak buang air sembarangan memang menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik kucing. Part ini juga bisa dikatakan hal yang mudah karena perlu kesabaran yang lebih.

Melatih kucing agar tidak buang air sembarangan atau disebut juga dengan toilet training, bisa dilakukan sejak kecil.

Untuk anak kucing, bisa dilakukan sejak usianya 4 minggu, sedangkan bagi kucing dewasa bisa langsung setelah mengadopsinya. Seiring berjalannya waktu, kucing juga akan terbiasa buang air di tempat yang semestinya. 

Kucing pada umumnya akan buang air besar maupun kecil di pasir dan menimbunnya dengan kaki agar menutupi baunya. Maka ciptakan suasana senyaman mungkin agar mereka mau dan terbiasa buang air di tempat yang seharusnya.

BACA JUGA:Cara Mengajari Kucing Buang Air di Kotak Pasir Agar Tidak Sembarangan

Salah satu fasilitas yang bisa disiapkan untuk melatih kucing agar tidak buang air sembarangan adalah litter box berisi pasir. litter box ini dijadikan sebagai wadah atau tempat kucing buang air agar tidak buang air sembarangan.

Berikut cara melatih kucing agar tidak buang air sembarangan:

1. Sediakan litter box yang nyaman

Salah satu hal penting yang perlu disiapkan untuk melatih kucing agar tidak buang air sembarangan adalah litter box atau kotak pasir beserta pasirnya.

Pilihlah pasir yang halus, tidak beraroma, dan tidak menggumpal. Gunakan litter box dengan ukuran yang tepat, baik yang menggunakan penutup ataupun tidak.

BACA JUGA:Begini Cara Menjinakkan Kucing Liar jadi Hewan Peliharaan, Auto Nurut!

Tempatkan litter box di area yang tenang, dan jarang dilalui, agar kucing merasa nyaman saat buang air di sana.

2. Arahkan kucing untuk buang air di litter box

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: