Nama Calon Pj Bupati Kuningan Sudah di Tangan Mendagri, Ketua DPRD Sebut Pengusulan sesuai Regulasi

Nama Calon Pj Bupati Kuningan Sudah di Tangan Mendagri, Ketua DPRD Sebut Pengusulan sesuai Regulasi

Gedung pusat pemerintahan Pemkab Kuningan dimana Pj Bupati Kuningan akan berkantor nanti. (Agus Sugiarto)--

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM - Tim PPA sudah rampung melakukan verifikasi dan latar belakang enam calon Penjabat (Pj) Bupati Kuningan. Ke enam calon Pj Bupati ini masing-masing 3 nama diusulkan Pemprov Jawa Barat dan 3 nama diajukan DPRD Kuningan.

Ke enam nama tersebut sudah diserahkan Tim PPA ke Mendagri untuk selanjutnya diseleksi lagi hingga menghasilkan 3 nama. Ketiga nama ini kemudian dibawa Mendagri ke Presiden. 

Informasi dari FKDH Kemendagri, bahwa usulan daerah dan provinsi dari TIm Kerja atau Tim PPA sudah disampaikan ke Menteri Dalam Negeri.

Subdit FKDH sendiri sudah melakukan verifikasi berkas persyaratan para calon Pj Bupati baik yang diusulkan provinsi maupun DPRD Kuningan.

BACA JUGA:Kronologi 10 Warga Kuningan Keracunan Jamur Hutan, Ada yang Dioseng - Dipepes, 1 Orang Meninggal Dunia

"Sekarang posisinya sudah di Menteri Dalam Negeri pak. Dari 6 nama, nanti 3 nama diusulkan oleh menteri ke presiden. Hanya 3 orang nama pak. Usulan Pj Bupati dan Pj Gubernur semuanya ke presiden pak," kata sumber tersebut kepada radarkuningan.com, Rabu 22 November 2023.

Setelah diserahkan ke presiden, lanjut dia, akan kembali lagi ke Mendagri. Kemudian dibuatkan Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang pengangkatan PJ Bupati Kabupaten Kuningan

Sementara Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy menegaskan, jika usulan nama-nama calon Pj Bupati Kuningan ke Kemendagri RI sudah sesuai regulasi yang ada.

Apalagi sebelum mengusulkan nama tiga calon Pj Bupati Nuzul mengaku telah konsultasi dengan tingkat kementerian. 

BACA JUGA:Korban Keracunan Jamur Hutan di Desa Tugumulya Kuningan Sudah Pulang ke Rumah, Satu Meninggal Dunia

Calon Pj Bupati yang diusulkan DPRD Kuningan, sesuai dengan Permendagri nomor 4 tahun 2023.

Di mana calon Pj Bupati diusulkan oleh tiga tingkatan yakni DPRD Kuningan melalui Ketua DPRD, Provinsi Jawa Barat, dan Kemendagri RI. 

Maka sesuai dengan kewenangan itu, pimpinan dewan telah mengusulkan tiga orang nama calon Pj bupati.

Ketiganya yaitu Dr Deni Hamdani, Dr A Taufik Rohman, dan Indra Purnama. Dua nama awal adalah JPT Pratama di Pemkab Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: