Viral Bintik Hitam di Punggung Bayi Disebut karena Kutu Kucing, Benarkah? Cek Penjelasannya

Viral Bintik Hitam di Punggung Bayi Disebut karena Kutu Kucing, Benarkah? Cek Penjelasannya

Kolase tangkapan layar video viral dengan narasi bayi terkena gigitan kutu kucing. -Istimewa - Diolah/Yuda Sanjaya-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Sebuah video yang viral di media sosial menampilkan sosok bayi dengan punggung yang dipenuhi dengan bintik hitam seperti bulu dan jerawat. 

Video viral bayi dengan bintik hitam di punggung itu, disertai dengan dugaan karena kutu kucing atau ctenocephalides felis. "Maaf itu kayak kena kutu kucing ya. Coba dibawa ke dokter spesialis," tulis keterangan pada komentar video.

Pengunggah video juga menanyakan apakah benar dugaan tersebut. "Apa iya ya bun kena kutu kucing?" tanya penggunggah video tersebut seperti dikutip radarkuningan.com, Sabtu, 25, November 2023.

Unggahan tersebut viral di media sosial dengan lebih dari 758 komentar sampai dengan artikel ini dibuat. Banyak di kolom komentar yang mempertanyakan apakah benar bayi tersebut terkena kutu kucing.

BACA JUGA:Butuh Tempat Lepas Penat Sejenak di Kuningan? Yuk ke Kafe dengan Nuansa Alam Terbuka Ini

Kendati demikian, ada juga yang memberikan petunjuk terkait gejala pada kulit bayi tersebut. Yakni lanugo pada bayi. Pertanyaannya, apakah itu? 

Dilansir dari Cleveland Clinic, lanugo adalah rambut halus yang tumbuh pada janin. Bagian ini, biasanya hilang dengan sendirinya pada proses persalinan. Tetapi pada beberapa kasus tetap bertahan.

Namun, lanugo ini biasanya juga bisa cepat hilang. Pada kasus lain, lanugo muncul pada bayi yang lahir prematur. Kendati demikian, lanugo ini bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan. Mengingat akan hilang dengan sendirinya. 

Orang tua dengan bayi yang mengalami lanugo tersebut juga tidak perlu khawatir dan melakukan tindakan berlebihan. Misalnya menggosok pada bagian yang terdapat bintik hitam.

BACA JUGA:5 Penyebab Kucing Menjadi Galak dan Agresif, Ada Faktor Kekerasan hingga Trauma

Sebab, tindakan tersebut justru akan membuat kulit kering atau terjadi iritasi. Mengingat kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Namun bila kondisi lanugo atau tumbuhnya rambut halus semakin banyak. Kemudian disertai dengan gejala lain, tentu perlu tindakan berkonsultasi dengan dokter. 

Gigitan Kutu pada Kulit Bayi

Kutu merupakan salah satu pengganggu untuk bayi. Kadang, serangga ini menyelinap pada kasur atau alas tidur yang jarang dibersihkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: