Kampung Sunda dan Tongkat Bung Karno di Sumberjaya Lampung Barat, Ternyata Begini Riwayatnya

Kampung Sunda dan Tongkat Bung Karno di Sumberjaya Lampung Barat, Ternyata Begini Riwayatnya

Kampung Sunda di Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat, Provinsi Lampung.-Antara-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ternyata antara Presiden Soekarno dengan Kampung Sunda di Sumberjaya Lampung Barat tersebut erat kaitannya.

Kampung Sunda ini bernama Desa Sukapura, Kecamatan Sumberjaya. Jika dilihat dari namanya saja, sudah mencerminkan jika kampung ini erat kaitanya dengan masyarakat Sunda di Jawa Barat.

Ternyata benar adanya. Desa atau Kampung Sukapura adalah tujuan transmigrasi pertama di Kecamatan Sumberjaya. Sebagian besar dari mereka berasal dari Sumberjaya, Majalengka, Jawa Barat.

Dulu kecamatan ini masuk wilayah Lampung Utara. Setelah pemekaran, sekarang Kecamatan Sumberjaya masuk ke wilayah Kabupaten Lampung Barat.

BACA JUGA:3 Jus Untuk Diet Cocok Dikonsumsi Pada Malam Hari, Memberikan Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh!

Adalah mantan Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus dan Ketua Komite II DPD RI Sub Wilayah Barat II, Bustami Zainudin yang mengungkap keterkaitan antara tongkat Bung Karno dan Kampung Sunda di Sumberjaya.

Kedua tokoh yang alumni FKIP Universitas Lampung (Unila) ini menunjukan salah satu bukti sejarah, yakni tongkat milik Bung Karno. Juga keterkaitannya dengan Kampung Sunda di sana.

Ketika masih menjadi Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus mengunggah video tongkat Bung Karno. Melalu akun Instagram   @parosilmabsus, dia menunjukkan tongkat Presiden Soekarno yang dititipkan kepada salah seorang warga Desa Sukapura.

Desa Sukapura Kecamatan Sumberjaya ini dulu sering dijuluki Kampung Sunda. Kampung yang merupakan lokasi transmigrasi dari masyarakat Jawa Barat.

BACA JUGA:Jalan Baru Cipari-Cisantana Mulus Banget, Diresmikan Satu Hari Sebelum Bupati Kuningan Lengser Keprabon

"Tongkat ini akan diserahkan, dengan catatan yang menerima adalah keluarga besar langsung dari Bung Karno, jadi tidak boleh Bang Bustami, juga pak bupati," kata Parosil Mabsus dalam video tersebut.

Bang Bustami yang dimaksud adalah Bustami Zainudin, mantan Bupati Way Kanan dan sekarang menjadi anggota DPD RI. Bustami adalah seniornya ketika masih kuliah di FKIP Unila dulu.

Soal tongkat Bung Karno tersebut juga diungkapkan oleh Ketua Komite II DPD RI, Bustami Zainudin. Dalam video napak tilas yang diunggah pada 10 Maret 2020 di akun @parosilmabsus tersebut terlihat sedang memegang tongkat Bung Karno. 

Dalam video itu dia juga berharap suatu saat anak keturunan Bung Karno dapat sampai di Desa Sukapura, Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. Seperti yang dilakukan Bung Karno ketika mengantar para transmigran asal Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: